Sikap siswa terhadap kreativitas guru pendidikan agama Islam dan hubungannya dengan kedisiplinan mereka di sekolah: Penelitian terhadap siswa kelas VI SDN Simpangan 01 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi

Handayani, Nur Safitri (2022) Sikap siswa terhadap kreativitas guru pendidikan agama Islam dan hubungannya dengan kedisiplinan mereka di sekolah: Penelitian terhadap siswa kelas VI SDN Simpangan 01 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kedisiplinan disekolah. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi dari hasil wawancara bahwa guru di SDN Simpangan 01 memiliki kreativitas yaitu pembiasaan sholat dhuha bersama serta pembiasaan membaca surat pendek sebelum kegiatan belajar mengajar. Secara umum sikap siwa terhadap kreativitas guru pendidikan agama islam disikapi dengan sikap positif. Tetapi, kedisiplinan siswa sebagian besar masih rendah, hal ini dapat dilihat karna : a. tidak memiliki kesadaran untuk mematuhi aturan, b. tidak bertanggung jawab terhadap tugas, c. tidak mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam peraturan, d. tidak jujur. Tujuan dari penelitian adalah : 1) Mengetahui sikap siswa terhadap kreativitas guru pendidikan agama islam di kelas VI SDN Simpangan 01 Bekasi. 2) Mengetahui kedisiplinan siswa kelas VI SDN Simpangan 01 Bekasi. 3) Mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap kreativitas guru pendidikan agama Islam dengan kedisiplinan mereka di kelas VI SDN Simpangan 01 Bekasi. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa salah satu indikator sikap siswa terhadap kreativitas guru pendidikan agama islam dalam proses pembelajaran diduga berpengaruh terhadap kedisiplinan mereka dalam mengikuti pembelajaran sehingga memiliki kesadaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan angket. Adapun analisis datanya menggunakan pendekatan statistik yaitu : analisis parsial, uji normalitas data, dan uji korelasi, sampel penelitian 68 aiawa kelas VI SDN Simpangan 01 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan : a. Sikap siswa terhadap kreativitas guru PAI termasuk pada kategori tinggi hal ini berdasarkan dengan rata-rata skor dari seluruh indikator variabel X yaitu sebesar 4,00 yang berada pada interval (3,40 – 4,19), b. Realitas kedisiplinan mereka disekolah termasuk pada kategori tinggi, hal ini berdasarkan dengan rata-rata skor dari seluruh indicator variable Y yaitu sebesar 4,14 yang berada pada interval (3,40 – 4,19), c. Hubungan sikap siswa terhadap kreativitas guru pendidikan agama islam dengan kedisiplinan mereka di sekolah berkategori tinggi. Hal ini terlihat dari perhitungan analisis koefisiensi korelasinya antara variabel X da variabel Y adalah 0,88. Angka 0,88 berada pada rentang 0,81-0,99 dan itu artinya korelasi tersebut ada pada kategori korelasi tinggi. Begitupun dengan hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa t-hitung 0,90 ≥ dari t-tabel 0,23 dalam keadaan demikian maka Ha diterima. Artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara kreativitas guru pendidikan agama islam dan hubungannya dengan kedisiplinan mereka di sekolah. Adapun Pengaruh antara sikap siswa terhadap kreativitas guru pendidikan agama Islam dan hubungannya dengan kedisiplinan mereka di sekolah, berdasarkan perhitungan dapat diketahui bahwa variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y sebesar 89% hal ini berarti masih terdapat 11% faktor lain yang mempengaruhi variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa; Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam; Kedisiplinan
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Safitri Handayani
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:49
Last Modified: 23 Jun 2022 04:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51892

Actions (login required)

View Item View Item