Pengaruh Costumer Deposit dan Dividend Received terhadap Profit Before Income Tax pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2011-2020

Musthofa, Nanda Lutfi Habib (2022) Pengaruh Costumer Deposit dan Dividend Received terhadap Profit Before Income Tax pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Profit Before Income Tax adalah hasil dari total pendapatan usaha dikurangi dengan beban operasional. Perusahaan bertujuan untuk memperoleh laba setiap periodenya. Dengan berbagai kegiatan usaha maka akan menambahkan pendapatan usahanya. Dibutuhkan kegiatan manajemen untuk melihat peluang dan risiko dalam menjalankan kegiatan usaha tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Customer Deposits secara parsial terhadap Profit Before Income Tax pada PT United Tractors Tbk. 2) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Dividend Received secara parsial terhadap Profit Before Income Tax pada PT United Tractors Tbk. 3) Untuk mengetahu dan menganalis pengaruh Customer Deposits dan Dividend Received secara simultan terhadap Profit Before Income Tax pada PT United Tractors Tbk. Peneliti menerapkan metode pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan analisis yang digunakan untuk meneliti fenomena ini adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi (sederhana dan berganda), analisis koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Ini dilakukan proses perhitungan dengan aplikasi SPSS for windows versi 26.0. Penelitian ini mengacu pada teori profitabilitas dimana bahwa perusahaan dapat menghasilkan keuntungan atau laba dari semua kegiatan dan sumber daya yang ada, seperti penjualan, kas, modal, jumlah karyawan, jumlah anak usaha, kegiatan investasi, dan lain sebagainya. Kemudian jenis data yang digunakan adalah data sekundar yang diperoleh dari laporan keuangan resmi perusahaan yang dipublikasikan setiap tahun. Laporan keuangan resmi ini dapat diunduh langsung dari website resmi perusahaan oleh PT. United Tractors Tbk tahun 2011-2020. Data menurut laporan keuangan tahunan ini memperlihatkan adanya penyimpangan sehingga menarik untuk dilakukan penelitian oleh penulis. Perhitungan yang dilakukan membuktikan secara parsial Customer Deposits berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Profit Before Income Tax dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1,446 < 2,306 dan nilai Kosfisien Determinasi sebesar 20,7%. Sedangkan Dividend Received berpengaruh positif signifikan secara parsial dengan nilai thitung > ttabel yakni 4,527 > 2.306 serta nilai Koefisien Determinasi 71,9%. Kemudian secara simultan didapati pengaruh positif dan signifikan dengan hasil Fhitung > Ftabel yakni 9,184 > 4,460 serta nilai Koefisien Determinasi 72,4% dan 27,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Costumer Deposit;Dividend Received;Profit Before Income Tax
Subjects: Financial Economics, Finance > Money
Financial Economics, Finance > Investment
Financial Economics, Finance > Credit
Business > Statistic of Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nanda Lutfi Habib Musthofa
Date Deposited: 21 Jun 2022 01:01
Last Modified: 21 Jun 2022 01:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51913

Actions (login required)

View Item View Item