Hasanah, Nisa Uswah (2022) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cilenyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan pemerintah mengenai pembelajaran tatap muka terbatas sebagai akibat dari permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring. Pembelajaran tatap muka terbatas diharapkan mampu menjadi solusi guna menunjang aktivitas siswa di sekolah. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengatahui ada atau tidaknya hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidika Agama Islam, 3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas, maka akan semakin baik hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Penelitian di kelas VIII-C SMP Negeri 1 Cileunyi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknis analisis datanya yaitu: Analisis parsial, dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan diperolehnya: 1) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas berkategori tinggi yaitu 3,81 yang berada pada interval 3,40-4,19. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata 84,17 yang berada pada interval 80-100. 3) Hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori rendah. Hal ini terlihat dari perhitungan analisis koefisien korelasinya 0,35 berkategori rendah yang berada pada interval 0,20-0,39. Begitupun dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Thitung sebesar 1,965 dengan derajat kebebasan 39 taraf signifikansi 5% diperoleh Ttabel sebesar 1,701 ini menandakan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel, dapat diambil kesimpulan maka (H0) ditolak dan (Ha) diterima, oleh karena itu terdapat hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Siswa Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas; Hasil Belajar Kognitif Siswa |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nisa Uswah Hasanah |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 08:01 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 08:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51935 |
Actions (login required)
View Item |