Reriawani, Hera (2021) Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VI SD : Penelitian pada siswa kelas VI SDN Rancagede Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data yang didapat peneliti ketika melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SD Negeri Rancagede Kelas VI, dalam melaksanakan pembelajaran online terdapat banyak tantangan diantaranya belum familiarnya masyarakat dalam menggunakan teknologi sehingga menyulitkan orangtua ketika memberi bimbingan kepada anaknya untuk melaksanakan proses pembelajaran online, tidak semua siswa memiliki hanpdhone sehingga menghambat proses pembelajaran online ketika berlangsung, dan tidak semua daerah dirumahnya memiliki jaringan yang kuat agar siswa dapat mengakses pembelajaran online dengan maksimal Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: 1) realitas pembelajaran online, 2) implementasi pembelajaran online, dan 3) pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI SD Negeri Rancagede. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang berlangsung di dalam jaringan dimana pengajar dan yang diajar tidak bertatap muka secara langsung. pembelajaran daring learning sendiri dapat dipahami sebagai pendidikan formal yang diselenggarakan oleh sekolah yang peserta didik dan instrukturnya (guru) berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan didalamnya. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif korelatif disini yaitu untuk mendeskripsikan atau menggambarkan, pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, angket, tes dan studi dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Subjek-subjek peneliti yang digunakan adalah siswa di Kelas VI SDN Rancagede degan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas pembelajaran yang dilakukan di rumah menggunakan pembelajaran online : jadwal pelajaran berbeda dengan sebelumnya, materi yang lebih singkat dan juga tugas yang lebih ringan dan pengumpulan tugas dan media pembelajarannya menggunakan aplikasi Whatsapp Messenger, 2) Implementasi pembelajaran online di SDN Rancagede dilihat dari hasil perhitungan statistik penyebaran angket kepada 30 siswa dengan rata-rata 3,39 termasuk kategori cukup, yang berada pada interval 2,5 – 3,5. Hal ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran online cukup baik, dan 3) Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa di SDN Rancagede berkorelasi atau signifikan. Hasil uji koefisien korelasi menunjukan t_hitung (2,83) > t_tabel (2,00665) di artikan bahwa hipoteis diterima. Koefisien determinasi kadar pengaruhnya 12% artinya masih terdapat 88% faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Online; Prestasi Siswa; PAI |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hera Reriawani |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:32 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 04:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51996 |
Actions (login required)
View Item |