Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VI SD : Penelitian pada siswa kelas VI SDN Rancagede Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung

Reriawani, Hera (2021) Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VI SD : Penelitian pada siswa kelas VI SDN Rancagede Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data yang didapat peneliti ketika melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SD Negeri Rancagede Kelas VI, dalam melaksanakan pembelajaran online terdapat banyak tantangan diantaranya belum familiarnya masyarakat dalam menggunakan teknologi sehingga menyulitkan orangtua ketika memberi bimbingan kepada anaknya untuk melaksanakan proses pembelajaran online, tidak semua siswa memiliki hanpdhone sehingga menghambat proses pembelajaran online ketika berlangsung, dan tidak semua daerah dirumahnya memiliki jaringan yang kuat agar siswa dapat mengakses pembelajaran online dengan maksimal Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: 1) realitas pembelajaran online, 2) implementasi pembelajaran online, dan 3) pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI SD Negeri Rancagede. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang berlangsung di dalam jaringan dimana pengajar dan yang diajar tidak bertatap muka secara langsung. pembelajaran daring learning sendiri dapat dipahami sebagai pendidikan formal yang diselenggarakan oleh sekolah yang peserta didik dan instrukturnya (guru) berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan didalamnya. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif korelatif disini yaitu untuk mendeskripsikan atau menggambarkan, pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, angket, tes dan studi dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Subjek-subjek peneliti yang digunakan adalah siswa di Kelas VI SDN Rancagede degan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas pembelajaran yang dilakukan di rumah menggunakan pembelajaran online : jadwal pelajaran berbeda dengan sebelumnya, materi yang lebih singkat dan juga tugas yang lebih ringan dan pengumpulan tugas dan media pembelajarannya menggunakan aplikasi Whatsapp Messenger, 2) Implementasi pembelajaran online di SDN Rancagede dilihat dari hasil perhitungan statistik penyebaran angket kepada 30 siswa dengan rata-rata 3,39 termasuk kategori cukup, yang berada pada interval 2,5 – 3,5. Hal ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran online cukup baik, dan 3) Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa di SDN Rancagede berkorelasi atau signifikan. Hasil uji koefisien korelasi menunjukan t_hitung (2,83) > t_tabel (2,00665) di artikan bahwa hipoteis diterima. Koefisien determinasi kadar pengaruhnya 12% artinya masih terdapat 88% faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online; Prestasi Siswa; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hera Reriawani
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:32
Last Modified: 31 Aug 2022 04:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51996

Actions (login required)

View Item View Item