Pengaruh pendapatan bagi hasil musyarakah berdasarkan PSAK 106 terhadap laba bersih PT BRI Syariah Tbk periode 2015-2020

Rosdianti, Rosdianti (2022) Pengaruh pendapatan bagi hasil musyarakah berdasarkan PSAK 106 terhadap laba bersih PT BRI Syariah Tbk periode 2015-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah jumlah pendapatan bagi hasil musyarakah yang diduga mempunyai dampak positif terhadap laba bersih yang diperoleh PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat perkembangan pendapatan bagi hasil musyarakah serta laba bersih dari PT BRI Syariah, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah berdasarkan PSAK 106 terhadap Laba Bersih pada PT BRI Syariah Tbk periode 2015-2020. Musyarakah adalah akad antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu, dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana (modal/kapital) menggunakan ketentuan bahwa laba serta risiko (kerugian) akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan sedangkan laba bersih merupakan total pendapatan dikurangi beban, tidak tercantum komponen-komponen other comprehensive income ataupun non pemilik changes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informasi yang didapat pada penelitian ini memakai data sekunder perusahaan berupa laporan keuangan triwulan Bank Rakyat Indonesia Syariah periode 2015-2020. Ada pun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain analisis deskriptif, analisis data deret waktu, analisis asosiatif, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi pearson product moment, analisis koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan (1) Perkembangan pendapatan bagi hasil musyarakah cenderung mengalami kenaikan dan berdasarkan analisis data deret waktu pendapatan bagi hasil musyarakah mengalami trend yang naik. (2) Perkembangan laba bersih cenderung mengalami kenaikan dan berdasarkan analisis data deret waktu laba bersih mengalami trend yang naik. (3) Pada uji t diperoleh besar nilai thitung ˃ ttabel atau 4,810 ˃ 2,074 dengan nilai signifikan 0,000 dibawah 0,05 (0,000) ˂ 0,05 dimana Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya pendapatan bagi hasil musyarakah berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih PT BRI Syariah Tbk. (4) PT BRI Syariah Tbk telah sesuai dalam menerapkan akad musyarakah dengan PSAK 106.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah; PSAK 106; Laba Bersih
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Rosdianti Rosdianti
Date Deposited: 29 Jun 2022 00:58
Last Modified: 29 Jun 2022 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52033

Actions (login required)

View Item View Item