Penerapan akuntansi zakat, infak, dan sedekah berdasarkan pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) nomor 109 di Masjid Nurul Iman Bandung

Ramadhani, Adityani Nurul (2022) Penerapan akuntansi zakat, infak, dan sedekah berdasarkan pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) nomor 109 di Masjid Nurul Iman Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
file 1_COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
file 2_ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
file 3_DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
file 4_BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
file 5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
file 6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
file 7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
file 8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
file 9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan mengenai Akuntansi ZIS harus berdasarkan PSAK Nomor 109 yang merupakan standar akuntansi untuk digunakan dalam hal pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan ZIS. Tetapi pada kenyataannya laporan keuangan Masjid Nurul Iman Bandung itu memiliki perbedaan diantaranya dalam hal pengukuran dana nonhalal, penyajian laporan keuangan, serta pengungkapan. Sehingga dapat dikatakan laporan keuangannya, beberapa ada yang belum sesuai dengan ketentuan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Perkembangan dana zakat, infak, dan sedekah di Masjid Nurul Iman, 2) Mekanisme pencatatan dana zakat, infak, dan sedekah di Masjid Nurul Iman, dan 3) Penerapan akuntansi zakat infak dan sedekah Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 109 pada laporan keuangan Masjid Nurul Iman Bandung. Penelitian ini berdasarkan tingkat eksplanasinya adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan teknik data yang diolah adalah penelitian kualitatif. Jenis data terdiri: 1) Berdasarkan sumbernya adalah kualitatif, 2) Berdasarkan cara memperolehnya terdiri data primer dari hasil wawancara responden, data sekunder berupa dokumen pendukung berupa laporan keuangan, nota maupun kwitansi, 3) Berdasarkan penyajian waktunya yaitu time series. Sumber data berupa responden, Objek penelitiannya adalah akuntansi ZIS, serta laporan keungan masjid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah standar akuntansi di Indonesia yaitu PSAK Nomor 109 yang mengatur mengenai akuntansi Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) dimana PSAK Nomor 109 ini dikeluarkan atau diterbitkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) pada tahun 2010 yang prinsipnya transparansi atau keterbukaan serta akuntabilitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa proses penyajian laporan keuangan yang dilakukan Masjid Nurul Iman Bandung dalam pelaksanaannya belum menerapkan siklus akuntansi, laporan keuangan yang disusun masih sederhana seperti pemasukan atau penerimaan zakat, serta pengeluaran, penyaluran atau pendistribusian untuk para mustahiq. Kemudian pada laporan keuangan amil tidak menyajikan sesuai dengan PSAK Nomor 109 mengenai komponen laporan keuangan dimana belum menyajikannya laporan posisi keuangan, laporan perubahan dana, laporan perubahan aset kelolaan, laporan arus kas, serta catatan atas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi ZIS; PSAK Nomor 109; Laporan Keuangan
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Adityani Nurul Ramadhani
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:11
Last Modified: 29 Jun 2022 05:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52058

Actions (login required)

View Item View Item