Pengaruh tingkat kecerdasan ruhaniah terhadap penyesuaian sosial remaja: Studi deskriptif kualitatif pada Siswa SMK Negeri 1 Majalaya

Nuraeni, Intan (2022) Pengaruh tingkat kecerdasan ruhaniah terhadap penyesuaian sosial remaja: Studi deskriptif kualitatif pada Siswa SMK Negeri 1 Majalaya. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2 (2). pp. 1-17. ISSN 2774-8340 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LoA_INTAN NURAENI_1171040065_TASAWUF PSIKOTERAPI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpiu/

Abstract

Dalam perkembanganya, remaja mengalami masa peralihan, yang sebagian masyarakat memandangnya sebagai masa kekacauan. Oleh karenanya, remaja memerlukan kemampuan yang memadai dalam melakukan interaksi agar mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungannya. Dalam hal ini, keberhasilan interaksi dipengaruhi oleh kemampuan penyesuaian terhadap lingkungannya. Penyesuaian sosial dapat membantu remaja untuk mencapai interaksi yang baik. Kecerdasan ruhaniah merupakan esensi dari segala kecerdasan yang berada pada nilai-nilai ilahiah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami adanya pengaruh tingkat kecerdasan ruhaniah terhadap penyesuaian sosial remaja di SMK Negeri 1 Majalaya dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan wawancara terhadap enam narasumber dengan kisaran usia 14 tahun hingga 17 tahun yang bersekolah di SMK Negeri 1 Majalaya. Dari data diketahui bahwa kecerdasan ruhaniah memberikan pengaruh pada penyesuaian sosial remaja di SMK Negeri 1 Majalaya. Selain itu, dari data penelitian diperoleh gambaran bahwa enam narasumber dalam penelitian ini memiliki kecerdasan ruhaniah yang baik dan melakukan penyesuaian sosial yang baik. Dengan demikian, kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara tingkat kecerdasan ruhaniah terhadap penyesuaian sosial remaja di SMK Negeri 1 Majalaya. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya menggunakan metode lain sehingga diperoleh hasil yang lebih akurat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Ruhaniah; Penyesuaian Sosial; Remaja;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Intan Nuraeni
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:48
Last Modified: 31 Aug 2023 06:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52119

Actions (login required)

View Item View Item