Awaludin, M (2022) Dakwah melalui poster media sosial instagram: Analisis desain komunikasi visual poster akun @jendelamuslim.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 .pdf Download (719kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
Abstract
Media penyampaian informasi yang seiring dengan berkembangnya tekhnologi, membuat seorang da’i dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dan lebih inovatif dan kreatif dalam menyampaikan dakwahnya. Sehingga dalam menghadapi kondisi tersebut, dibutuhkan penyajian pesan dakwah yang efektif serta menarik untuk para anak muda yang aktif dimedia sosial. Instagram merupakan bagian dari media sosial. Instagram lebih menekankan konsep desain grafis atau yang lebih dikenal dengan desain komunikasi visual yang dihubungkan dengan disiplin ilmu komunikasi yaitu komunikasi visual. Disertai dengan pemilihan akun yang mengarah kepada nilai dakwah. Akun tersebut adalah akun instagram @jendelamuslim.id. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyajian pesan dakwah melalui desain grafis yang dikaitkan dengan unsurnya serta interprtasi atau makna pesan dakwah yang dibagikan melalui poster akun @jendelamuslim.id. Selain itu penelitian ini juga mencari tahu tentang daya tarik poster dakwah akun @jendelamuslim.id. Dengan didasarkan pada teori Harold Lasswell yakni says what, Secara esensial unsur says what adalah alat yang digunakan sebagai alat untuk menganalisis isi pesan dan in which channel yakni dalam proses komunikasi atau khithabah tentunya tidak lepas dari perantara suatu media itu sendiri. Sedangkan Pendekatan kualitatif yang digunakan bermaksud untuk mempermudah penganalisaan dalam upaya mengetahui tema materi yang dibahas, sehingga dapat diklasifikasikan berdasarkan fokus atau rumusan masalah. Hasil dapat disimpulkan bahwa akun @jendelamuslim.id memposting pesan dakwah berkaitan dengan pesan akidah, syariah, dan akhlak. Adapun dalam penyampaian pesan dakwahnya diketahui berdasar dengan objek dan teksnya, yang kemudian diikuti dengan unsur komunikasi visual yaitu garis, bentuk, tekstur, gelap terang, ukuran, warna, tipografi dilihat dengan dua prinsip komunikasi visual yaitu keseimbangan dan kesatuan. Selain itu makna materi dakwah yang didapatkan adalah dalam setiap karya-karya desain grafis tersebut terdapat makna tersirat. Makna tersebut mengandung materi dakwah yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Sehingga peneliti klasifikasi tersebut sesuai dengan materi dakwah, antara lain adalah Akidah, Syariah dan Akhlak. Kemudian terdapat daya tarik dakwah yang dapat mendukung berkembangnya dakwah dalam bidang khitabah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain; Komunikasi; Visual; Poster; Media; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Drawing and Drawings |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | M. Awaludin Awal |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 08:21 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 08:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52184 |
Actions (login required)
View Item |