Pengembangan alat evaluasi Bahasa Inggris berbantu aplikasi Kahoot di MI : Penelitian R&D pada pengembangan alat evaluasi Bahasa Inggris berbantu aplikasi Kahoot di MI

Rosita, Tina (2022) Pengembangan alat evaluasi Bahasa Inggris berbantu aplikasi Kahoot di MI : Penelitian R&D pada pengembangan alat evaluasi Bahasa Inggris berbantu aplikasi Kahoot di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi, dalam mengerjakan evaluasi Bahasa Inggris terdapat beberapa permasalahan yaitu terkadang ada siswa yang tidak mengumpulkan tepat waktu, kurang serius dalam mengerjakan soal sehingga mendapatkan nilai yang rendah, serta sekolah tersebut belum pernah menggunakan aplikasi Kahoot sebagai alat evaluasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan alat evaluasi Bahasa Inggris menggunakan aplikasi Kahoot, validitas dan reliabilitas alat evaluasi, serta untuk mengetahui keterpakaian alat evaluasi Bahasa Inggris berbasis aplikasi Kahoot di MI. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI Ibrahim Ulul Azmi dan siswa kelas 5 SDIT Al-Mumtaz. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes objektif dan angket. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS v 25. Hasil penelitian menunjukkan pada uji coba skala kecil diperoleh 13 soal yang valid dan 12 soal yang tidak valid kemudian soal tersebut direvisi untuk digunakan pada uji coba skala besar. Pada uji coba skala besar diperoleh 17 soal yang valid dan 8 soal yang tidak valid. Soal tersebut direvisi kembali pada tahap evaluasi. Sehingga jumlah soal yang dihasilkan adalah sebanyak 25 soal. Hasil uji relibilitas menunjukkan persentase 97% dengan interpretasi tinggi, artinya alat evaluasi sudah reliabel. Sementara itu, hasil uji keterpakaian menunjukkan hasil keterpakaian yang sangat terpakai yaitu 92%. Dengan interpretasi sangat terpakai. Berdasarkan data yang Sudah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi Bahasa inggris berbantu aplikasi kahoot dapat digunakan di kelas 5 MI/SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Alat evaluasi; Bahasa Inggris; Kahoot
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tina Rosita
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:50
Last Modified: 18 Jul 2022 09:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52331

Actions (login required)

View Item View Item