Pengaruh jumlah pembiayaan sewa Ijarah terhadap Return On Asset (ROA) berdasarkan PSAK 107 pada PT. Bank BRI Syariah periode 2016-2020

Zahra, Shafa Az (2022) Pengaruh jumlah pembiayaan sewa Ijarah terhadap Return On Asset (ROA) berdasarkan PSAK 107 pada PT. Bank BRI Syariah periode 2016-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perbankan syariah dapat dilihat dalam kinerja keuangan pada perusahaan tersebut. Kinerja keuangan dalam perbankan syariah dapat diukur melalui analisis rasio. Analisis rasio yang sangat populer digunakan oleh perusahaan maupun investor yaitu rasio profitabilitas. Cara yang dilakukan perbankan syariah dalam mencapai nilai profitabilitas yang baik yaitu dengan meningkatkan dana dari sumber dana yang tersedia. Lembaga keuangan memberikan kontribusinya sebagai sumber penghasilan bank berasal dari penyaluran dana pembiayaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis serta mengetahui: 1) perkembangan jumlah pembiayaan sewa ijarah pada PT. Bank BRI Syariah periode 2016-2020. 2) Perkembangan return on assets pada PT. Bank BRI Syariah periode 2016-2020. 3) Pengaruh jumlah pembiayaan sewa ijarah terhadap return on assets berdasarkan PSAK 107 pada PT. Bank BRI Syariah periode 2016-2020. Rasio profitabilitas merupakan cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengetahui kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba dalam waktu tertentu yang berasal dari kegiatan produksi yang telah dilakukan Pembiayaan yang disalurkan oleh suatu bank maka pembiayaan tersebut akan mempengaruhi profitabilitas dari bank itu sendiri. Hal itu dapat dilihat ketika memperoleh laba. Ketika perolehan laba suatu bank meningkat, hal itu akan berpengaruh terhadap peningkatan profitabilitas dari bank tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder untuk menganalisa data laporan keuangan yang sudah tersedia dan di publikasikan di annual report Bank BRI Syariah dan juga website OJK. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa;1) Perkembangan jumlah sewa ijarah pada PT. Bank BRI Syariah setiap triwulannya cenderung mengalami fluktuasi. Pembiayaan Sewa Ijarah memiliki rata-rata pertumbuhan setiap triwulannya mencapai 0,26%, pertumbuhan tertinggi terjadi pada periode 2018 yaitu sebesar 1,48% dan pertumbuhan terendah terjadi pada tahun 2020 yaitu sebesar -0,79%, 2) Perkembangan return on assets pada PT. Bank BRI Syariah setiap triwulannya mengalami fluktuasi. Return on assets mengalami rata-rata pertumbuhan setiap triwulannya sebesar -0,01%, dimana pertumbuhan tertinggi terjadi pada periode 2020 yaitu sebesar 0,69% dan pertumbuhan terendah terjadi pada tahun 2018 yaitu sebesar -0.34% dan 3) Perhitungan statistik uji-t, bahwa pembiayaan sewa ijarah berpengaruh negative terhadap return on assets. Hubungan antara pembiayaan sewa ijarah terhadap return on assets memiliki arah yang negatif atau tidak searah, yang dimana ketika pembiayaan sewa ijarah meningkat maka return on assets menurun, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Sewa Ijarah; Return On Asset; PSAK 107
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Shafa Az Zahra
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:14
Last Modified: 05 Jul 2022 01:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52364

Actions (login required)

View Item View Item