Pengaruh penerapan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no. 109 terhadap kualitas laporan keuangan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang

Salsabila, Fauziyah Latiefa (2022) Pengaruh penerapan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no. 109 terhadap kualitas laporan keuangan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh produktifitas BAZNAS Kabupaten Sumedang yang dalam operasionalnya belum mencapai maksimal. Hal ini dibuktikan dengan masih jauhnya penerimaan zakat dari potensi zakat Kabupaten Sumedang. Salah satu alasannya yaitu kurangnya kepercayaan masyarakat Kabupaten Sumedang dalam menitipkan zakatnya pada BAZNAS Kabupten Sumedang. Oleh karena itu, BAZNAS Kabupaten Sumedang harus membuat laporan keuangan yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan untuk meyakinkan para muzakki sebagai bentuk transparansi. Salah satu upaya BAZNAS dalam pembuatan laporan keuangan adalah penerapan sistem manajemen informasi dengan mengacu pada PSAK No. 109. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; 1) Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) terhadap Kualitas Laporan Keuangan. 2) Pengaruh Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 terhadap Kualitas Laporan Keuangan. 3) ) Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) dan Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang. Laporan keuangan yang berkualitas merupakan laporan keuangan yang disajikan sesuai dengan standar, dapat diukur, dan sudah melalui pemeriksaan. Sementara, BAZNAS Kab Sumedang dalam pelaporannya dibantu oleh sebuah sistem yang dinamakan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA). BAZNAS Kab Sumedang juga sudah mematuhi standar yaitu PSAK No. 109 yang terintegrasi dalam penyusunan laporan keuangannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode tersebut bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan kemudian menganalisis pengaruhnya dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan BAZNAS Kabupaten Sumedang dengan total responden 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Penerapan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan hasil pengujian secara parsial, yaitu t hitung (1,124) < t tabel (2,05183). 2) Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan hasil pengujian secara parsial, yaitu t hitung (3,311) > t tabel (2,05183). 3) Penerapan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) dan Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,431atau 43,1% dengan hasil pengujian secara simultan, yaitu F hitung (10,234) > F tabel (3,35).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SIMBA; PSAK No. 109; Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Fauziyah Latiefa Salsabila
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:31
Last Modified: 05 Jul 2022 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52378

Actions (login required)

View Item View Item