Desain media pembelajaran berbasis aplikasi Android untuk pelajaran Fiqih kelas XI : Penelitian pada materi waris siswa kelas XI MAN 1 Garut

Firmansyah, Firmansyah (2022) Desain media pembelajaran berbasis aplikasi Android untuk pelajaran Fiqih kelas XI : Penelitian pada materi waris siswa kelas XI MAN 1 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan adanya fenomena bahwa e-learning dari Kemenag seringkali mengalami error sehingga siswa sulit untuk mengakses dalam pembelajaran hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan siswa dalam pembelajaran. Untuk merespon hal itu maka peneliti melakukan pendesainan media pembelajaran untuk meningkatkan kenyamanan kegiatan pembelajaran siswa kelas XI di MAN 1 Garut. Tujuan peneltian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis Android menggunakan Situs Web Kodular untuk siswa kelas XI MAN 1 Garut. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Android. Media merupakan segala sesuatu yang dapat dimanipulasi. Instrumen yang didengar, dilihat, dibaca, didiskusikan, dan digunakan. Sedangkan belajar merupakan usaha sadar dalam mengembangkan kemampuan, atau belajar juga diartikan sebagai usaha dalam menciptakan lingkungan bagi siswa dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Kegiatannya pada setiap tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), Tahap Perancangan (design), tahap, (develop), dan Penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukan: (1) Desain Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dilakukan pada 4 tahap yaitu: a) Studi pendahuluan; b) Perancangan; c) Pengembangan; dan d) Uji coba dan evaluasi. 2) Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android layak untuk digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli materi diperoleh hasil sebesar 88,97% (sangat layak); dan b) Ahli media diperoleh hasil sebesar 84,60% (sangat layak). 3) Penilaian siswa terhadap media pembelajaran pada uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 83,13% (sangat layak) dan uji lapangan diperoleh hasil sebesar 87,48% (sangat layak).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Aplikasi Android; Kodular; MAN; Reset and Development
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firmansyah Firmansyah
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:25
Last Modified: 05 Jul 2022 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52421

Actions (login required)

View Item View Item