Pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak (Tax Avoidance) pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index tahun 2016-2021

Zakkiyah, Novita Damayanti (2022) Pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak (Tax Avoidance) pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index tahun 2016-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan kepentingan dalam hal perpajakan. Dimana pemerintah menjadikan pajak sebagai sumber pendapatan utama sedangkan wajib pajak badan khususnya perusahaan menjadikan pajak sebagai beban yang dapat mengurangi labanya. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba pada periode tertentu. Ukuran perusahaan adalah tingkatan besar kecilnya perusahaan dilihat dari total asetnya. Dan penghindaran pajak merupakan upaya menghindari membayar pajak secara legal tanpa melanggar peraturan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) seberapa besar pengaruh profitabilitas terhadap penghindaran pajak (tax avoidance) pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2021, 2) seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak (tax avoidance) pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2021, 3) seberapa besar pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak (tax avoidance) pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini ialah data sekunder yang didapat melalui website BEI dan laporan keuangan dari website setiap perusahaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah pustaka dan lapangan yang bersumber dari website. Serta analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) profitabilitas memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,640 > 2,014 dan nilai signifikan 0,011 < 0,05 maka profitabilitas berpengaruh terhadap penghindaran pajak, 2) ukuran perusahaan memiliki pegaruh terhadap penghindaran pajak dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,231 > 2,014 dan nilai signifikan 0,031 < 0,05 yang menunjukkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap penghindaran oajak, 3) profitabilitas dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak dengan nilai Fhitung ≥ Ftabel yaitu 4,570 ≥ 3,20 maka disimpulkn bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh secara bersama-sama terhadap peenghindaran pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Ukuran Perusahaan; Penghindaran Pajak
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Tax Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Novita Damayanti Zakkiyah
Date Deposited: 06 Jul 2022 01:29
Last Modified: 06 Jul 2022 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52469

Actions (login required)

View Item View Item