Bimbingan motivasi sebagai upaya mengembangkan perilaku Independent Living pasca rehabilitasi bagi penyandang Tunadaksa : Penelitian di UPTD Panti Sosial dan Rehabilitasi Penyandang Disabilitas mental, sensorik Netra, rungu wicara dan tubuh Cibabat-Cimahi

Sopiawati, Sopiawati (2022) Bimbingan motivasi sebagai upaya mengembangkan perilaku Independent Living pasca rehabilitasi bagi penyandang Tunadaksa : Penelitian di UPTD Panti Sosial dan Rehabilitasi Penyandang Disabilitas mental, sensorik Netra, rungu wicara dan tubuh Cibabat-Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Penyandang Tunadaksa merupakan individu yang mengalami keterbatasan gerak dalam menjalani kehidupan dan sering mendapatkan perilaku deskriminatif dari masyarakat karena ketunadaksaannya. meskipun begitu, penyandang tunadaksa merupakan individu yang memiliki Hasrat, keinginan, harapan dan cita-cita, juga kebutuhan serta hak yang perlu untuk dipenuhi. dalam pemenuhan hak tersebut, UPTD panti sosial dan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas hadir sebagai jawaban dan aksi nyata dari pendekatan hak yang dirumuskan dalam UUD no. 16 tahun 2008 sebagai lembaga rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas dnegan berbagai program layanan rehabilitasi. salah satunya yaitu bimbingan motivasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan keberfungsian sosial bagi penyandang disabilitas. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis program layanan yang ada di UPTD PSRPD, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan motivasi sebagai upaya meningkatkan perilaku independent living pasca rehabilitasi bagi penyandang tunadaksa dan untuk mengetahui hasil dari bimbingan motivasi sebagai upaya meningkatkan perilaku independent living pasca rehabilitasi bagi penyandang tunadaksa. Penelitian ini berlandaskan teori motivasi Abraham maslow bahwa setiap individu memiliki lima kebutuhan yang harus dipenuhi. dalam pemenuhan kebutuhan tersebut bimbingan motivasi digunakan sebagai bentuk pemberian bantuan yang bertujuan memunculkan perilaku bermotif, membantu, membina, mengarahkan penyandang disabilitas untuk meningkatkan perilaku independent living dan keberfungsian sosialnya. Metode dan Teknik yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu deskriptif pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara alamiah situasi bimbingan motivasi kepada penyandang tunadaksa. Adapun Teknik pengumpulan data dalam Penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya kegiatan bimbingan motivasi di UPTD memiliki dampak positif dan membuahkan hasil yang baik. Penyandang tunadaksa menjadi pribadi yang lebih percaya diri, terbuka, bertanggung jawab, mandiri dalam ekonomi, mampu merawat diri sendiri dan bahkan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Motivasi; Independent living; Tunadaksa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sopiawati Sopiawati
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:39
Last Modified: 06 Jul 2022 00:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52477

Actions (login required)

View Item View Item