Manajemen Pengembangan Diri Peserta Didik Melalui Bimbingan Konseling: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Cimahi

Ramdani, Ade Ahmad (2017) Manajemen Pengembangan Diri Peserta Didik Melalui Bimbingan Konseling: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pengembangan diri peserta didik melaui BK mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya, mulai dari pemahaman pendidik yang menganggap BK hanya untuk yang bermasalah dan sarana prasarana yang kurang, sehingga untuk mengetahui bagaimana manejmen pengembangan diri peserta didik melalui BK. Masalah penelitian ini meliputi bagaimana (1) perencanaan; (2) pengorganisasian; (3) pengarahan; dan (4) pengendalian pengembangan diri peserta didik melalui bimbingan konseling yang dikaitkan dengan manajemen pengembangan diri peserta didik melaui BK di madrasah; (5) faktor pendukung dan penghambat dari manajemen pengembangan diri peserta didik melaui bimbingan konseling serta; (6) keberhasilan yang telah dicapai dari manajemen pengembangan diri peserta didik melaui BK di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Cimahi. Tujuannya untuk mengetahui manajemen pengembangan diri peserta didik melalui BK. Berangkat dari pemikiran permasalahan dan utuk mengetahui tujuan penelitian tersebut, sehingga perlu analisis tentang perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, mengenai pengembangan diri peserta didik melalui BK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yaitu menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang ada kemudian dijelaskan secara deskriptif dengan kata-kata atau uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi atau menyalin. Dari hasil penelitian ini data yang ditemukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Cimahi dapat disimpulkan bahwa, (1) Perencanaan dilakukan penyusunan landasan, tujuan, isi, metode, kegiatan dan evaluasi pengembangan diri yang semuanya mengikuti aturan yang ditetapkan; (2) Pengorganisasian dilakukan dalam bentuk kegiatan individu dan kelompok berdasarkan informasi dari guru mapel, piket, dan petugas lain kemudian kepada wali kelas selanjutnya guru BK; (3) Pengarahan materi terhadap peserta didik dilakukan sesuai kebutuhan, materi dibuatkan satuan bimbingan dan penaganan pola peserta didik bermasalah; (4) Pengendalian dilakukan sistem penilaian program pengembangan diri dan penilaian pelaksanaan program pengembangan diri; (5) Faktor pendukung mencakup faktor kepala madrasah, pendidik dan program BK, untuk faktor penghambat hanya pada SDM; (6) Penelitian ini menghasilkan bahwa manajemen pengembangan diri peserta didik melalui BK memiliki peran penting terhadap pribadi peserta didik dalam belajar mengajar, mengenal lingkungan sosial, mengenal pribadi peserta didik, dan mampu merencanakan masa depan. Implikasi logis bahwa pengembangan diri merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan tujuan madrasah secara institusi selain itu madrasah harus senantiasa mengerti serta memahami betapa pentingnya posisi BK sebagai jalan pengembangan diri peserta didik sehingga harus memberiakn perhatian lebih terhadap kebutuhan BK secara SDM dan sarana prasana sebagai penunjang terlaksananya pembelajaran peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Ade Ahmad Ramdani
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:38
Last Modified: 12 Jan 2018 04:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5250

Actions (login required)

View Item View Item