Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Operating Margin (NOM): Studi pada PT. Bank BJB Syariah Tbk. periode 2011-2020

Fadilah, Muhamad Kamil (2022) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Operating Margin (NOM): Studi pada PT. Bank BJB Syariah Tbk. periode 2011-2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Net Operating Margin (NOM) merupakan rasio profitabilitas untuk mengetahui kemampuan aktiva produktif dalam menghasilkan laba. Perusahaan perlu memperhatikan pendapatan yang diterima oleh perusahaan dan pengeluaran pada setiap keberlangsung operasional perusahaan, agar perusahaan dapat menghasilkan laba sesuai yang diinginkan. Oleh karena itu, Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) dianggap sebagai variabel yang dapat mempengaruhi Net Operating Margin (NOM). Sehingga semakin dikuatkan oleh teori bahwa jika semakin tinggi Capital Adequacy Ratio (CAR), maka akan meningkatkan Net Operating Margin (NOM), begitupun jika semakin tinggi Financing To Deposit Ratio (FDR), maka Net Operating Margin (NOM) akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial terhadap Net Operating Margin (NOM), seberapa besar pengaruh Financing To Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Net Operating Margin (NOM), dan seberapa besar pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) secara simultan terhadap Net Operating Margin (NOM). Untuk menjawab penelitian diatas, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data dari laporan keuangan tahunan PT. Bank BJB Syariah 2011-2020. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.bjbsyariah.co.id. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji-t statistik. Berdasarkan Hasil Penelitian, Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial berpengaruh dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,117 atau 11,7%, artinya Capital Adequacy Ratio (CAR) memberikan kontribusi sebesar 11,7% terhadap Net Operating Margin (NOM). Sedangkan Financing To Deposit Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,211 atau 21,1%, artinya Financing To Deposit Ratio (FDR) memberikan kontribusi sebesar 21,1% terhadap Net Operating Margin (NOM). Adapun secara simultan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) berpengaruh dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,21 atau 23%, yang artinya Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) memberikan kontribusi sebesar 23% terhadap Net Operating Margin (NOM). Berdasarkan hasil tersebut, maka sisanya yang memberikan kontribusi sebesasar 77% terhadap Net Operating Margin (NOM) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM)
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Kamil Fadilah
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:46
Last Modified: 07 Jul 2022 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52597

Actions (login required)

View Item View Item