Penerapan metode deduktif pada pembelajaran nahwu berbasis Kitab al-Muyassar fi Ilmi an-Nahwi karya Kyai Haji Aceng Zakariya: Penelitian studi kasus di Madrasah Aliyah Persis Ciganitri Bandung

Ma'arif, Syamsul (2022) Penerapan metode deduktif pada pembelajaran nahwu berbasis Kitab al-Muyassar fi Ilmi an-Nahwi karya Kyai Haji Aceng Zakariya: Penelitian studi kasus di Madrasah Aliyah Persis Ciganitri Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran nahwu di MA Persis Ciganitri terdapat permasalahan kesulitan siswa dalam memahami materi nahwu. Latar belakang permasalahan ini menjadi sebab peneliti untuk melaksanakan penelitian mencakup seluruh aspek pembelajaran dari mulai tujuan pembelajaran nahwu, pelaksanaan pembelajaran nahwu (perencanaan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan teknik penilaian) termasuk faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran nahwu. Setelah itu diharapkan peneliti dapat menghasilkan cara untuk memperbaiki pembelajaran nahwu. Selain daripada itu, pembelajaran bahasa Arab di MA Persis Ciganitri Bandung merujuk berdasarkan teori sistem cabang. Hal ini menarik bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam mempersiapkan alat dan instrumen pembelajaran terutama dalam pembelajaran nahwu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tujuan pembelajaran nahwu dengan menggunakan metode deduktif berbasis kitab al-muyassar fi ilmi an-nahwi, mengetahui pelaksanaan pembelajaran nahwu dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran nahwu di MA Persis Ciganitri Bandung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus dengan metode kualitatif deskriptif di MA Persis Ciganitri Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti terjun langsung ke tempat penelitian untuk mengetahui permasalahan dengan jelas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data dari mulai kelas 10 sampai kelas 12. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah: Pertama, tujuan pembelajaran nahwu di MA Persis Ciganitri Bandung yaitu 1) menjaga lisan dari kesalahan pengucapan dan tulisan 2) memberikan pemahaman dari aspek nahwu dan memahami kedudukan kalimat baik dari segi kedudukan maupun tarkib 3) memungkinkan siswa untuk bisa membaca dan memahami kitab-kitab atau teks-teks berbahasa arab terutama dalam memahami al-qur’an dan hadits. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran nahwu, guru menggunakan silabus kurikulum dari pimpinan pusat persatuan islam yang meliputi 1) tujuan pembelajaran 2) materi pembelajaran 3) sumber pembelajaran 4) alokasi waktu dan 5) evaluasi atau penilaian pembelajaran. Ketiga, dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran nahwu guru menggunakan metode deduktif dan metode ceramah. Tetapi guru tidak menggunakan media pembelajaran yang beragam. Keempat, guru menggunakan teknik penilaian seperti: 1) observasi 2) tes 3) penilaian langsung. Selain itu guru juga menggunakan penilaian 1) penilaian mingguan ) Ujian Tengah Semester dan 3) Ujian Akhir Semester 4) penilaian praktik membaca. Kelima, faktor pendukung dalam pembelajaran nahwu di MA Persis Ciganitri yaitu tersedianya kitab al-muyassar fi ilmi an-nahwi bagi siswa, guru yang kompeten di bidangnya dan lingkungan sekolah yang menyatu dengan pesantren. Adapun faktor penghambatnya yaitu fasilitas sekolah yang tidak mencukupi, tingkat kemampuan siswa terhadap pemahaman materi yang beragam dan terbatasnya waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Deduktif; Pembelajaran Nahwu; Kitab al-Muyassar fi Ilmi an-Nahwi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syamsul Ma'arif
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:33
Last Modified: 07 Jul 2022 03:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52631

Actions (login required)

View Item View Item