Izzah, Azmi Nur (2022) Tanggapan siswa terhadap pembiasaan Muhasabah hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (567kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 3 Bandung, diperoleh informasi dari guru PAI bahwasannya ketika guru menerapkan pembiasaan muhasabah siswa memberikan tanggapan dengan baik. Namun motivasi belajar sebagian mereka masih rendah, dilihat kurangnya semangat siswa dalam belajar pada saat mata pelajaran PAI. Hal tersebut menunjukkan adanya masalah yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Realitas tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung terhadap pembiasaan muhasabah, 2) Realitas motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung, 3) Hubungan tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung terhadap pembiasaan muhasabah dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi banyak faktor, salah satunya yaitu tanggapan mereka terhadap pembiasaan muhasabah. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap pembiasaan muhasabah, maka semakin baik motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Responden 44 siswa kelas VIII SMPN 3 Bandung, teknik pengumpulan data: Angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan : 1) Realitas tanggapan siswa terhadap pembiasaan muhasabah (Variabel X) termasuk ke dalam kategori positif dengan nilai rata-rata 4,48 yang berada pada interval 3,51-4,50. 2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Variabel Y) termasuk ke dalam kategori tinggi dengan skor 4,28 berada pada interval 3,51-4,50. 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembiasaan muhasabah dengan motivasi belajar mereka adalah positif dan signifikan. Ditunjukkan dengan hasil uji signifikansi korelasi yang didapatkan yaitu : t_hitung 3,99> t_tabel 2,02. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,52. Koefisien determinasi mencapai 27% yang artinya terdapat 73% faktor lain yang mempengatuhi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan Muhasabah; Motivasi Belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azmi Nur Izzah |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 03:04 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 03:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52716 |
Actions (login required)
View Item |