Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi Pada PT. Wijaya Karya Tbk periode 2011-2020

Ramadhan, Muhammad Zulvan Jamalu (2022) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi Pada PT. Wijaya Karya Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan investasi. Suatu perusahaan dapat dikatakan stabil dilihat dari laporan keuangan dengan melakukan analisis pengukuran dan penilaikan kinerja di perusahaan tersebut. Maka penulis tertarik untuk meneliti dengan teori yang digunakan yaitu semakin tinggi Net Profit Margin (NPM) dan Return On Equity (ROE) maka Dividend Payout Ratio (DPR) yang dibagikan kepada pemegang saham semakin tinggi pula, akan tetapi berbeda halnya yang penulis teliti pada PT. Wijaya Karya Tbk teori tersebut tidak demikian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) secara parsial Return On Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) secara parsial, mengetahui seberapa besar pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) secara simultan pada PT Wijaya Karya Tbk. Kerangka berpikir dalam penelitian ini yaitu Return On Equity (ROE) merupakan kemampuan perusahaan memanfaatkan dana pemegang saham untuk mengahasilkan laba bersih. Net Profit Margin (NPM) merupakan kemampuan perusahaan dalam mencetak laba bersih setelah menghitung seluruh biaya serta pajak keuntungan terhadap penjualan, artinya berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) merupakan laba bersih yang dihasilkan perusahaan kepada pemegang saham. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis pada data (numerical). Sumber data menggunakan data sekunder runtun waktu (time series). Teknik yang digunakan adalah regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, serta uji t (parsial) dan uji F (simultan) didukung oleh aplikasi SPSS for Windows Versi 26.0. Subjek penelitian menggunakan data sekunder berupa Laporan Keuangan Publikasi dari IDX pada PT. Wijaya Karya Tbk periode 2011-2020. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dimana t_hitung dengan nilai -2,945 dan t_tabel dengan nilai -2,306 menjadi -2,945 < -2,306 maka H_o diterima dan H_a ditolak. Serta pengaruh Return On Equity (ROE) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dimana t_hitung dengan nilai -2,551 dan t_tabel dengan nilai -2,306 menjadi -2,551 < -2,306 maka H_o diterima dan H_a ditolak. Sedangkan Net Profit Margin (NPM) dan Return On Equity (ROE) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dimana F_hitung dengan nilai 9,222 dan F_tabel dengan nilai 4,74 menjadi 9,222 > 4,74 maka H_a diterima dan H_o ditolak, dengan nilai koefisien determinasi 72,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM); Return On Equity (ROE); Dividend Payout Ratio (DPR)
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Zulvan Jamalu Ramadhan
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:01
Last Modified: 08 Jul 2022 07:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52724

Actions (login required)

View Item View Item