Efektivitas terapi psikospiritual terhadap Anxiety pada usia dewasa awal: Studi eksperimental di Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber-Cianjur

Ramadhanti, Putri Sri (2022) Efektivitas terapi psikospiritual terhadap Anxiety pada usia dewasa awal: Studi eksperimental di Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber-Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

ketakutan dan kecemasan (Anxiety). Kecemasan (Anxiety) merupakan jenis penyakit mental yang paling umum yang dapat terjadi pada siapapun tetapi biasanya, kecemasan (Anxiety) lebih banyak menyerang individu yang berada dalam fase dewasa awal. Masalah kesehatan mental di awal masa dewasa ini dapat mengganggu pembentukan hubungan dan kualitas perkembangan individu. Terapi psiko-spiritual menjadi salah satu alternative untuk menurunkan kecemasan dan telah memberikan bukti bahwa agama dan spiritualitas memainkan peran penting dalam membantu mengatasi kecemasan. Terapi psikospiritual merupakan Teknik yang mengabungkan antara psikologi dengan spiritualitas yang implementasinya menggunakan pendekatan sufistik, relaksasi dan dzikir. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan di antara warga desa Cibokor yang berada di fase dewasa awal, untuk mengidentifikasi perbedaan kadar kecemasan serta untuk melihat sejauh mana efektivitas terapi psikospiritual terhadap kecemasan (Anxiety) Metode penelitian ini menggunakan Pra-Eksperimental (Pre-Experimental Design) dengan pendekatan (One Group Pretest-Post test). populasi dalam penelitian ini adalah usia dewasa awal dengan rentang usia 18-40 tahun sejumlah 30 orang Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data kuesioner dengan mengguna kan Hamilton Rating Scale For Anxiety (HARS) 30 soal, didapatkan hasil sebesar 23% responden mengalami kecemasan berat dan 77% responden mengalami kecemasan ringan telah mengalami perubahan tingkat kecemasan dengan penurunan skor dengan hasil rata-rata nilai pretest adalah 75,1 dan rata-rata nilai posttest adalah 46,9 dengan selisih antara pretest dan posttest sebanyak 28,2. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji validasi dan reabilitasi untuk mengetahui kevalidan dan reliabilitas data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan Uji Paired T Test. Hasil Uji Paired T Test dan di dapatkan nilai t hitung 9,532 dan t tabel sebesar 2,043 yang dimana H0 diterima. Berdasarkan hasil penelitian terdapat efektivitas pemberian terapi psikospiritual terhadap perubahan tingkat kecemasan (Anxiety) pada usia dewasa awal, maka pemberian terapi psikospiritual tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan tingkat kecemasan di desa Cibokor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kecemasan; terapi; psikospiritual; dewasa awal.
Subjects: Psychology
Conscious Mental Process and Intelligence
Human Physiology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Putri Sri Ramadhanti
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:43
Last Modified: 08 Jul 2022 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52764

Actions (login required)

View Item View Item