Pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada anak didik di LPKA Sukamiskin - Bandung

Uswatun Hasanah, Uswatun (2017) Pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada anak didik di LPKA Sukamiskin - Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Secara statistik menunjukan bahwa terjadi peningkatan kejahatan yang dilakukan oleh anak. Hal ini terlihat dari jumlah anak yang terdaftar di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Direktorat Jendral Pemasyarakatan tahun 2015 sebanyak 692 anak menjadi 2.957 anak pada tahun 2016 di seluruh Indonesia. Secara teori anak yang resilien tidak mungkin terjebak dalam perilaku yang bermasalah, karena anak tidak akan terpengaruh secara negatif oleh faktor-faktor resiko yang ada dalam hidupnya. Akan tetapi hasil penelitian sebelumnya menemukan bahwa terdapat faktor internal dan faktor eksternal resiliensi pada remaja laki-laki di Lembaga Pemasyarakatan. Faktor internal resiliensi yaitu dapat membangun identitas yang positif dan memiliki harapan di masa depan. Faktor eksternal resiliensi yaitu konsistensi, jadwal harian yang teratur, dukungan secara emosional, dan hubungan yang baik secara dewasa dengan lingkungannya. Penelitian ini mempelajari peran dukungan sosial terhadap resiliensi anak didik dalam menjalani kehidupannya di LPKA. Subjek penelitian sebanyak 122 anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Sukamiskin - Bandung. Metode yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana di mana dukungan sosial sebagai variabel bebas dan resiliensi sebagai variable terikat. Hasil studi ini menemukan bahwa dukungan sosial dan resiliensi memiliki korelasi sebesar 90%. Dukungan sosial berkontribusi positif terhadap resiliensi sebesar 81% dan memiliki hubungan yang searah dimana setiap satu kenaikan dukungan sosial menyebabkan kenaikan resiliensi sebesar 1,257

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: anak didik LPKA; dukungan sosial; resiliensi
Subjects: Social Process > Conflict Social
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 17 Jan 2018 08:53
Last Modified: 17 Jan 2018 08:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5281

Actions (login required)

View Item View Item