Optimalisasi pendistribusian zakat dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik melalui Program Bantuan Gerobak Tahun 2020 Di BAZNAS Kota Bekasi

Supailah, Supailah (2022) Optimalisasi pendistribusian zakat dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik melalui Program Bantuan Gerobak Tahun 2020 Di BAZNAS Kota Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1 .pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Zakat adalah cara untuk menunjukkan kepedulian terhadap orang lain. Bahwa orang yang membayar zakat dapat memperkuat hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manusia. Dalam perspektif Islam, zakat dapat dilihat sebagai salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan. Dengan cara mengoptimalkan suatu program yang terbilang sudah optimal, baik dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pada pendistribusian zakat secara efektif, efisien, dan tepat sasaran. Karya tulis ini dibuat bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hal-hal apa saja yang harus dievaluasi pendistribusian zakat dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik melalui program Bantuan Gerobak. Teori yang digunakan oleh penulis yaitu Teori George R. Jerry dalam Fungsi Manajemen, yaitu fungsi perencanaan, dan pelaksanaan. Dan Teori Edwin Wand dan Gerald W. Brow dalam bukunya Essensial of Educational of Education tentang evaluasi. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif yaitu metode yang alamiah (Natural setting). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan datanya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pihak-pihak yang menjadi partisipan penelitian ini adalah Wakil Ketua II, berikut Staff bidang pendistribusian dan pendayagunaan zakat pada BAZNAS Kota Bekasi dan penerima manfaat Bantuan Gerobak (mustahik). Penelitian ini berkesimpulan bahwa perencanaan pendistribusian zakat pada program Bantuan Gerobak yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Bekasi yaitu melakukan perencanaan pada Rapat Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) dengan menentukan penerima manfaat Bantuan Gerobak, menentukan target dan tujuan, survei, wawancara dan pengadaan Bantuan Gerobak yaitu tersusun dan sistematis yang sesuai direncanakan. Pelaksanaan pendistribusian zakat yang terdiri dari beberapa tata cara yaitu melakukan survei, pengadaan Bantuan Gerobak, dan simbolis, dengan dilaksanakannya setiap satu tahun sekali dengan berjalan lancar, efektif, dan tepat sasaran. Evaluasi pendistribusian zakat pada program Bantuan Gerobak dapat meningkatkan kesejahteraan mustahik dengan adanya peningkatan pendapatan setelah mendapatkan program Bantuan Gerobak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; Pendistribusian Zakat; Bantuan Gerobak
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Supailah Supailah
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:08
Last Modified: 11 Jul 2022 07:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52823

Actions (login required)

View Item View Item