Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tematik integratif hubungannya dengan motivasi belajar mereka dalam pelajaran PAI

Riani, Cantika (2021) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tematik integratif hubungannya dengan motivasi belajar mereka dalam pelajaran PAI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi dari Guru PAI bahwa penggunaan model pembelajaran tematik integratif mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa, dapat dilihat dari antusias siswa dalam proses pembelajaran, namun pada pelaksanaannya masih ditemui siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan sekaligus melahirkan permasalahan yang menarik unuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tematik integratif, 2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. 3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tematik integratif dengan motivasi belajar mereka di SMAN 1 Lembang. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tematik integratif dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tematik integratif dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; wawancara, observasi, angket, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif. dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tematik integratif berkategori positif dengan nilai rata-rata 3,89 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,9 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tematik integratif (X) dengan motivasi belajar mereka dalam pelajaran PAI (Y) korelasi positif dan signifikan, dengan nilai rata-rata 0,06 yang berada pada interval 0,00-0,99. Korelasi yang digunakan mengikuti model persamaan regresi linear Y= 41,11+0,27. Berdasarkan persamaan tersebut terlihat adanya tanda (+) ini menunjukkan adanya kenaikan atau peningkatan dari motivasi belajar siswa sejalan dengan meningkatnya tanggapan positif siswa terhadap model pembelajaran tematik integratif. Koefisien determinasi mencapai 1% dan sisanya 99% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Tematik Integratif; Motivasi Belajar
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cantika Riani
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:50
Last Modified: 11 Jul 2022 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52840

Actions (login required)

View Item View Item