Peran sabar dalam menghadapi problematika pada pasangan nikah muda : Studi lapangan kepada pasangan nikah muda di Kp Bendungan Ds Sagara Kec Cibalong Kab Garut

Tunnisa, Hopipah (2021) Peran sabar dalam menghadapi problematika pada pasangan nikah muda : Studi lapangan kepada pasangan nikah muda di Kp Bendungan Ds Sagara Kec Cibalong Kab Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah pernikahan terjadinya problem tentunya tidak dapat dihindari, karena walau bagaimanapun pernikahan merupakan penyatuan dua orang yang berbeda karakter, sifat dan sikapnya. Terutama pada pasangan yang menikah diusia muda. Maka dari itu setiap pasangan menikah harus memiliki sikap sabar dalam menjalankan pernikahannya, karena sabar sangat berperan penting dalam menjamin ke utuhan dan keharmonisan rumah tangga. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk megetahui gambaran umum sikap sabar dalam menghadapi problematika pada pasangan nikah muda di Kp. Bendungan Desa Sagara Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut dan peran sabar dalam menghadapi problematika pada pasangan nikah muda yang berada di Kampung Bendungan Desa Sagara Kecamatan Cibaling Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana jenis penelitian ini dapat mempelajari secara intendif mengenai latar belakang keadaan sekarang juga interaksi sosial individu, kelompok, lembaga juga masyarakat. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian kualitatif merupakan bentuk penelitian yang memerlukan proses reduksi data yang nantinya diperlukan penuturan berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakak yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sabar merupakan sikap menahan diri dari segala luapan emosi yang ada dalam diri kita, menerima dengan lapang dada segala ketentuan dean ketetapan Allah juga sikap yang selalu berpasrah diri kepada Allah swt yang mendorong kita pada ketenangan batin dan pikiran karena kita selalu berusaha tabah daan memasrahkan segala sesuatu kepada Allah swt. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa para pasangan nikah muda ini memiliki sikap sabar dalam menjalankan pernikahannya, diantaranya ialah mereka mampu bersabar dalam menjalankan perintah dan ketaatan kepada Allah, bersabar dalam menunaikan kewajiban, mampu bersabar terhadap musibah, ujian dan cobaan juga mampu bersabar dalam menerima takdir dari Allah swt. Selain itu ditemukan juga bahwa sabar sangat berperan penting dalam menghadapi setiap problem yang terjadi dalam rumah tangga seperti keintiman, komunikasi, perselingkuhan, KDRT, pembagian peran keegoisan, keterlibatan orang ketiga, masalah keuangan atau ekonomi, hubungan yang tersa hambar dan keikut sertaan orang tua dalam perjalanan rumah tangga anaknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sabar; Peran Sabar; Problem; Pasangan Nikah Muda;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Marriage Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: hopipah tunnisa
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:22
Last Modified: 12 Jul 2022 04:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52993

Actions (login required)

View Item View Item