Hidayat, Rahmat (2015) Implementasi (strategis) kurikulum di Madrasah: penelitian di Madrasah Aliyah (MA) Persatuan Islam (Persis) 60 Katapang Kabupaten Bandung tahun 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
Abstract
Implementasi strategis kurikulum di MA Persis 60 Katapanag masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Diantara permasalahan yang ada adalah tidak sesuainya antara pedoman dengan pelaksanaan, padahal implementasi strategis adalah sejumlah total aktivitas dan pilihan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan sebuah perencanaan strategis yang berubah melalui pengembangan program, anggaran, dan prosedur (Hungger dan Thomas, 2010: 296). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi strategis kurikulum MA Persis 60 Katapang yang didalamnya mencangkup penentuan program implementasi strategis kurikulum, anggran implementasi strategis kurikulum dan prosedur implementasi strategis kurikulum. Impelemntasi strategis kurikulum diperlukan untuk mengukur sejauh mana keberhasilah lambaga pendidikan dalam mencapai visi, misi, dan tujuan madrasah, dengan mengadakannya evaluasi yang dilakukan oleh madrasah tersebut dalam jangka kurun waktu tertentu, seperti yang dikatakan oleh Hungger dan Thomas, (2010) harus sesuai dengan proses perumusan strategis yaitu terjandinya proses penentuan misi, tujuan, strategis dan kebijakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi atau menyalin. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber kemudian melakukan uji keabsahan data. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa berdasarkan hasir penelitian dan pembahasan maka ditemukan bebrapa hal: 1) Program implementasi strategis kurikulum MA Persis 60 Katapang tidak terlepas dari prosedur yang dilaksanakan dalam perencanaan. Upaya ini dimaksudkan supaya program implementasi strategis kurikulum MA Persis 60 Katapang dapat mencapai tujuan yang diharapkan, dari beberapa program yang sudah dijalankan hanya tinggal dua program yang belum memenuhi untuk persyaratan strategis, 2) Anggaran impelemtasi strategis kurikulum MA Persis 60 Katapang didapatkan dari batuan operasional dari pemerintah baik tingkat daerah, provinsi dan pusat serta didapatkan dari nafaqoh yang deberikan para santri setiap bulannya dan para donator, anggaran tersebut dibagi kepada beberapa komponen dalam impelemntasi strategis kurikulum MA Persis 60 Katpang, 3) Prosedur implementasi strategis kurikulum MA Persis 60 Katapang dilakukan agar setiap tahap dalam implementasi strategis kurikulum dapat dilaksanakan bertahap dan sesuai dengan yang direncanakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Curricula > Curriculum Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 09:03 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 09:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5304 |
Actions (login required)
View Item |