Manajemen peserta didik: penelitian di MTs Pesantren Persatuan Islam Nomor 24 Rancaekek Bandung

Rifqi, Rifqi Lukman Zaelani (2016) Manajemen peserta didik: penelitian di MTs Pesantren Persatuan Islam Nomor 24 Rancaekek Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh MTs Pesantren Persatuan Islam No.24 Rancaekek Bandung dalam bidang peserta didik yaitu di bagian manajemen penerimaan yang kurang dalam penrekrutan, pembinaan yang masih kurang, manajemen alumni yang belum terkordinir dan terorganisasi dan manajemen ekstrakurikuler yang masih di anggap membosankan. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa peserta didik merupakan bagian terpenting dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Oleh karenanya peserta didik harus dikelola dengan sebaik mungkin, mulai dari bagaimana pendaftaran dan penerimaan untuk siswa baru, bagaimana pembinaan siswanya, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerimaan peserta didik baru di MTs Pesantren Persatuan Islam No.24 Rancaekek Bandung, mendeskripsikan pembinaan peserta didik di MTs Pesantren Persatuan Islam No.24 Rancaekek Bandung, mendeskripsikan kelulusan dan alumni di MTs Pesantren Persatuan Islam No.24 Rancaekek Bandung, dan mendeskripsikan penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler di MTs Pesantren Persatuan Islam No.24 Rancaekek Bandung. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Metode ini mendeskripsikan manajemen peserta didik MTs Pesantren Persatuan Islam No.24 Rancaekek Bandung. Data yang sesuia diperoleh berupa data dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini dilakukan di MTs Pesantren Persatuan Islam No.24 Rancaekek Bandung. Kemudian dianalisis dan diuji keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan audit kepastian. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa MTs Pesantren Persatuan Islam No.24 Rancaekek Bandung melakukan seluruh rangkaian manajemen peserta didik mulai dari penerimaan atau pengrekrutan peserta didik baru di setiap akhir tahun ajaran menjelang awal tahun ajaran baru, pegelompokan peserta didik dilaksanakan di awal tahun ajaran baru dengan indikator yang telah ditentukan oleh pihak madrasah, pembinaan peserta didik yang dilakukan melalui pembelajaran dari muatan kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler, kemudian prosedur perpindahan peserta didik telah mengikuti prosedur dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, menentukan kriteria kelulusan dan mewadahi alumni, serta menyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 19 Jan 2018 09:06
Last Modified: 29 Jan 2018 08:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item