Manajemen Pembiayaan Pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Penelitian di MTs Al-hasbillah Cisompet Garut)

Anang Afriana, Anang (206 200 009) (2014) Manajemen Pembiayaan Pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Penelitian di MTs Al-hasbillah Cisompet Garut). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Al-hasbillah Cisompet Garut merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat menengah. Madrasah Tsanawiyah Al-hasbillah ini memiliki prestasi yang baik yaitu dalam bidang kelulusan maupun dalam penerapan manajemennya, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil akreditasi B. Prestasi-prestasi tersebut tidak terlepas dari peran guru sebagai pendidik, pola pengelolaan, pengaturan dan manajemen pada seluruh aspek, baik manajemen pembiayaan pendidikan maupun yang lainnya yang ada di MTs Al-hasbillah Cisompet Garut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar alamiah Madrasah Tsanawiyah Al-hasbillah Cisompet Garut, Konsep manajemen pembiayaan pendidikan termasuk pelaksanaan, perencanaan, dan pengawasan pembiayaan, faktor penunjang dan penghambat serta keberhasilan yang telah dicapai MTs Al-hasbillah Cisompet Garut. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pentingnya peranan manajemen khususnya manajemen pembiayaan dalam mensukseskan pendidikan, karena pendidikan tanpa adanya uang atau biaya, maka pendidikan tersebut tidak akan berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan diharapkan, karena biaya merupakan faktor yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, menyalin, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan unitisasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, kecukupan referensi, analisis kasus negatif, pengecekan anggota, urai rinci, audit kebergantungan dan audit kepastian. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan Madrasah Tsanawiyah Al-hasbillah Cisompet Garut pada intinya melalui tahapan sebagai berikut: a. pelaksanaan perencanaan pembiayaan Madrasah (ABM) dilakukan dengan rapat seluruh komponen Madrasah, b. pelaksanaan pembiayaan MTs Al-hasbillah yaitu dikelompokan ke dalam dua kegiatan yaitu penerimaan dan pengeluaran, c. pengawasan pembiayaan pendidikan dilakukan oleh Mudirul Am dan Kepala Madrasah, d. faktor penunjang dan penghambat manajemen pembiayan MTs Al-hasbillah Cisompet merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan sekolah, e. hasil yang telah dicapai yaitu memiliki lulusan yang berprestasi ketika dilanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembiayaan pendidikan, madrasah tsanawiyah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Financial Economics, Finance
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 03:47
Last Modified: 23 Mar 2016 10:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item