Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Investment (ROI) terhadap Dividend per Share (DPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. periode 2011-2020

Nurpratiwi, Anisa (2022) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Investment (ROI) terhadap Dividend per Share (DPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Dividend per Share (DPS) adalah bentuk pembagian keuntungan untuk para investor per lembar saham yang dimiliki. Pada pembagian Dividend per Share (DPS), suatu perusahaan mempertimbangan beberapa faktor menurut kebijakan dividend, yaitu Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Investment (ROI). Permasalahan dalam penelitian ini terdapat pada data keuangan yang tidak sinkron dengan teori yang seharusnya. Data tersebut terdapat pada beberapa tahun pada PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Periode 2011-2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Dividend per Share (DPS) dan bagaimana pengaruh Return on Investment (ROI) secara parsial terhadap Dividend per Share (DPS) serta bagaimana pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Investment (ROI) secara simultan terhadap Dividend per Share (DPS) pada PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Periode 2011-2020. Kerangka berpikir dalam penelitian ini diambil dari beberapa kebijakan dividen yang menyatakan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) yang semakin meningkat akan mengurangi jumlah Dividend per Share (DPS) yang dapat diterima investor karena perusahaan harus memenuhi kewajiban terlebih dahulu sebelum membagikan dividen. serta Return on Investment (ROI) yang semakin meningkat akan meningkatkan jumlah Dividend per Share (DPS) yang diterima oleh para investor karna bertambahnya keuntungan yang didapatkan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini, yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yaitu laporan keuangan yang dipublish secara resmi pada website PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Adapun teknik analisis yang digunakan, yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik analisis asosiatif dan analisis uji hipotesis dengan pengujian secara parsial (uji t) dan pengujian secara simultan (uji F). Hasil penelitian ini yaitu, (1) Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend per Share (DPS) dan memberikan memberikan kontribusi sebesar 26,6% terhadap Dividend per Share (DPS) (2) Return on Investment (ROI) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend per Share (DPS) dan memberikan kontribusi sebesar 16,0% terhadap Dividend per Share (DPS) (3) secara simultan Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Investment (ROI) tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend per Share (DPS) dan memberikan kontribusi sebesar 35,2% terhadap Dividend per Share (DPS).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Return on Investment (ROI): Dividend per Share (DPS).
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Anisa Nurpratiwi
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:00
Last Modified: 13 Jul 2022 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53121

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item