Sanksi tindak pidana identity theft (pencurian data pribadi) sebagai cyber crime dalam Pasal 30 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Rizalul Akbar, Mochammad (2022) Sanksi tindak pidana identity theft (pencurian data pribadi) sebagai cyber crime dalam Pasal 30 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan dalam kehidupan sosial masyarakat. Manfaat teknologi informasi dan komunikasi selain memberikan dampak yang baik juga memberi peluang untuk dijadikan sarana terjadinya kejahatan baru yaitu cybercrime, termasuk tindak pidana identity theft (pencurian data pribadi) yang menjadi ancaman bagi masyarakat. Tindak pidana identity theft merupakan sebuah upaya pemanfaatan oleh pelaku untuk menipu korban atau dijual ke pihak lain untuk melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab seperti penyalahgunaan akun dengan memperjualbelikan di forum hacker dan dark web atau pasar gelap online. Penelitian ini memiliki tujuan, diantaranya: 1) untuk mengetahui tinjauan hukum pidana Islam terhadap unsur-unsur tindak pidana identity theft (pencurian data pribadi) sebagai cybercrime dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, 2) Untuk mengetahui tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap sanksi pidana identity theft (pencurian data pribadi) sebagai cybercrime dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, 3) Untuk mengetahui relevansi antara sanksi pidana identity theft (pencurian data pribadi) sebagai cybercrime dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan sanksi Hukum Pidana Islam. Kerangka pemikiran yang digunakan oleh penulis dalam skripsi ini yaitu dengan teori sanksi pidana pokok, teori pemidanaan, teori pencurian, Ilegal Akses. Dengan demikian, tindak pidana identity theft telah melanggar kemaslahatan individu dan masyarakat, maka harus dibebankan sanksi tegas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dan analisis konten yang sumber datanya adalah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008. Alur pembahasannya dalam skripsi ini menggunakan deduktif kemudian disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang kongkret tentang sanksi tindak pidana identity theft (pencurian data pribadi) sebagai cybercrime dalam Pasal 30 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik perspektif hukum pidana Islam. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa tindak pidana identity theft merupakan kejahatan dalam dunia maya yang dilakukan melalui jaringan internet dengan cara menggunakan komputer, adapun dari segi unsur-unsur tindak pidana identity theft dapat dikatakan sebagai jarimah karena memenuhi syarat dari ketiga unsur umum tersebut. Sanksi yang dibebankan kepada pelaku sesuai dengan Pasal 46 (2) UU ITE dengan kurungan penjara paling lama 7 tahun dan denda paling banyak Rp. 700.000.000,00. Sanksi menurut hukum pidana Islam terhadap pelaku adalah hukuman jarimah ta’zir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Identity Theft; Cyber Crime; Hukum Pidana Islam
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mochammad Rizalul Akbar
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:08
Last Modified: 13 Jul 2022 07:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53160

Actions (login required)

View Item View Item