Pengaruh berita Inet Detikcom terhadap minat mempelajari teknologi Study SMKN 2 Cikarang Barat: Studi korelasi mengenai pengaruh terhadap minat mempelajari teknologi study SMKN 2 Cikarang Barat Kelas 2 Jurusan Multimedia dan TKJ

Qusyairi, Alfian (2015) Pengaruh berita Inet Detikcom terhadap minat mempelajari teknologi Study SMKN 2 Cikarang Barat: Studi korelasi mengenai pengaruh terhadap minat mempelajari teknologi study SMKN 2 Cikarang Barat Kelas 2 Jurusan Multimedia dan TKJ. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Perkembangan media massa saat ini tumbuh dengan pesat khususnya bagi Media Online. Dengan tumbuhnya media online yang begitu pesat diharapkan dapat memberikan suatu kepuasaan tersendiri bagi masyarakat. Media online tidak lagi hanya mengelola berita tetapi aspek-aspek lainnya terkait isi media tersebut. fungsi media online tidak lagi hanya sekedar menyampaikan informasi, tetapi juga turut mendidik, menghibur dan mempengaruhi agar khalayak melakukan kegiatan tertentu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh Berita Inet Detikcom terhadap minat pempelajari teknologi. Penelitian ini dilakukan terhadap 3 pokok masalah, yaitu : pertama, untuk mengetahui tanggapan Siswa SMKN 2 Cikarang Barat mengenai daya tarik berita. Kedua, untuk mengetahui tanggapan Siswa SMKN 2 Cikarang Barat Mengenai Konten dan Isi Berita. Ketiga, untuk mengetahui tanggapan siswa SMKN 2 Cikarang Barat mengenai Topik yang diangkat. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi yang dipilih adalah Siswa SMKN 2 Cikarang Barat kelas 2 Jurusan Multimedi dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan sample sebanyak 68 orang. Hasil analisis menggunakan skala likert dan metode korelasi rank spearman. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (stimulus-organism-response) Dalam teori S-O-R menunjukan bahwa perubahan sikap dan tergantung pada proses yang terjadi pada individu. Teori produksi pesan ini menunjukkan peran dari tingkah laku seseorang dalam menyampaikan sebuah pesan dan bagaimana pesan itu diproduksi, diolah, disampaikan, serta dinilai oleh audiens atau khalayak. Penelitian ini juga menggunakan teori minat dari Crow dan Crow minat dapat merupakan sebab atau akibat dari suatu pengalaman. ada 3 faktor yang mempengaruhi minat, yaitu Faktor dorongan atau keinginan dari dalam, Faktor Motif Sosial, dan Faktor Emosional. Hasil dalam penelitian sebagai berikut : (1) Daya Tarik Berita Inet Detikcom terhadap minat mempelajari teknologi sebesar 26%. Sedangkan sisanya sebesar 74% dari total 100%. (2) Konten dan isi BeritaInet Detikcom terhadap minat mempelajari teknologi sebesar 30%. Sedangkan sisanya sebesar 70% dari total 100%. (3) Topik yang dibahas berita Inet Detikcom terhadap minat mempelajari teknologi sebesar 7%. Sedangkan sisanya sebesar 93% dari total 100% Hal ini dapat disimpulkan bahwa Berita dalam Rubrik Inet pada situs Detikcom mempunyai pengaruh terhadap minat mempejalajari teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Use of Other Information Media > Reading and Use of Other Information Media by Young People
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 22 Jan 2018 00:56
Last Modified: 22 Jan 2018 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item View Item