Implementasi pendayagunaan dana zakat dalam pemberdayaan ekonomi umat pada BAZNAS Kabupaten Bandung : Studi deskriptif pada BAZNAS Kabupaten Bandung

Wulandari, Septiani (2022) Implementasi pendayagunaan dana zakat dalam pemberdayaan ekonomi umat pada BAZNAS Kabupaten Bandung : Studi deskriptif pada BAZNAS Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pendayagunaan dana zakat dalam pemberdayaan ekonomi umat. Penelitian ini memiliki maksud untuk menjawab beberapa permasalahan: bagaimana mekanisme pendayagunaan zakat yang diberikan BAZNAS Kabupaten Bandung?, bagaimana program pemberdayaan ekonomi umat pada BAZNAS Kabupaten Bandung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif ini bermaksud mengasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tindakan dari subjek yang telah diamati, baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi yang diterapkan pada BAZNAS Kabupaten Bandung yaitu dengan pendayagunaan dana zakat telah dilakukan dengan baik dibantu dengan menggunakan fungsi implementasi sehingga dapat dilakukan secara tersusun. Bukti lain ditujukkan dengan adanya peningkatan ekonomi musthik yang telah dibin oleh BAZNAS Kabupaten Bandung pada pelathian pertama hingga sekarang. Mekanisme prosedur dalam mengatur dana zakat yang baik membuat pendayagunaan pun dapat dilakukan dengan baik, terlihat pula dari banyaknya penyluran yang telah diberikan kepada mustahiq melalui pendayagunaan zakat produktif dan pendayagunaan zakat konsumtif. Dari hasil program pendayagunaan zakat ini mampu memberdayakan ekonomi umat dengan membantu memenuhi kebutuhannya. Serta mengurangi sedikit kemiskinan pada program yang telah ada yakni Kabupaten Bandung Berdaya Saing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendayagunaan Dana Zakat ; Pemberdayaan Ekonomi Umat
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Septiani Wulandari
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:16
Last Modified: 22 Jul 2022 08:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53243

Actions (login required)

View Item View Item