Peran pemerintah desa dalam pengembangan SDM melalui literasi digital: Studi deskriptif di Desa Ciburial Kec. Cimenyan Kab. Bandung

Hidayat, Irsyad (2022) Peran pemerintah desa dalam pengembangan SDM melalui literasi digital: Studi deskriptif di Desa Ciburial Kec. Cimenyan Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu alternatif dalam memecahkan berbagai dinamika dan masalah sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat. Dalam suatu lingkungan masyarakat tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Literasi Digital merupakan segala hal yang berkaitan dengan keterampilan teknis mengakses, merangkai, memahami, dan menyebarluaskan informasi melalui media digital, dimana hal tersebut relevan dengan era dimana hidup manusia banyak dikuasai oleh teknologi informasi. Sehingga dengan adanya literasi digital dapat membantu pengembangan SDM di suatu wilayah, karena literasi digital merupakan bagian dari program pemerintah pusat dalam menghadapi transformasi digital skala nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana upaya pengembangan SDM melalui literasi digital, proses pelaksanaan dan hasil pemberdayaan masyarakat oleh Pemerintah Desa Ciburial. Landasan pemikiran yang digunakan adalah teori Peran menurut suhardono yang diartikan pada karakterisasi yang disandang untuk dibawakan oleh seorang aktor dalam sebuah pentas drama, yang dalam konteks sosial peran diartikan sebagai suatu fungsi yang dibawakan seseorang ketika menduduki suatu posisi dalam struktur sosial. Peran seorang aktor adalah batasan yang dirancang oleh aktor lain, yang kebetulan sama- sama berada dalam satu penampilan/unjuk peran (role perfomance). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer yang diperoleh merupakan hasil temuan langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, dokumen, dan jurnal. Hasil yang dicapai antara lain terwujudnya semua layanan informasi Pemerintahan Desa yang saling terintegrasi dan meningkatnya angka ketersediaan akses dan pengguna (melek) internet di suatu daerah secara umum maka dapat di simpulkan bahwa peran pemerintah Desa Ciburial dalam pengembangan SDM melalui literasi digital dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Literasi Digital; Pengembangan SDM; Pemerintah Desa
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Communities
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Irsyad Hidayat
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:24
Last Modified: 14 Jul 2022 06:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53257

Actions (login required)

View Item View Item