Strategi pengembangan usaha industri kecil keripik singkong pada masa Pandemi Covid-19: Studi deskripsi strategi usaha keripik singkong di Desa Gununglarang, Majalengka

Susilawati, Lusi (2022) Strategi pengembangan usaha industri kecil keripik singkong pada masa Pandemi Covid-19: Studi deskripsi strategi usaha keripik singkong di Desa Gununglarang, Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena baru bernama pandemic covid-19. Akibat adanya fenomena tersebut, aktivitas masyarakat menjadi terhambat. Bukan saja bidang kesehatan yang terkana dampaknya, tetapi bidang perekonomianpun terkena imbas dari adanya pandemic covid-19 ini. Begitu pula dengan usaha kecil yang mengalami kemerosotan pendapatan. Salah satu industri kecil yang terkena dampaknya yakni industri singkong Mekar Sari. Oleh karena itu, untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya dibutuhkan strategi guna mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang terjadi kepada industri kecil keripik singkong Mekar Sari akibat adanya pandemi covid-19. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dan mengetahui keberhasilan dari strategi yang diterapkan oleh industri singkong Mekar Sari. Teori yang digunakan ialah teori fungsionalisme struktural Talcot Parsons. Teori ini menyatakan bahwa masyarakat terdiri dari sistem. Dimana sistem-sistem tersebut mempunyai fungsi untuk mencapai keseimbangan. Dalam hal ini, sistem kehidupan masyarakat terganggu akibat fenomena baru yaitu covid-19. Sehingga untuk mencapai keseimbangan maka perlu adanya proses adaptasi terhadap fenomena baru tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu dari pemilik, karyawan dan konsumen industri Mekar Sari, dan sumber data sekunder yaitu beberapa sumber atau litelatur yang berhubungan dengan kajian penelitian ini. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data sebelum di lapangan dan analisis data di lapangan model Miles dan Huberman yang kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi oleh industri Mekar Sari seperti sarana dan prasarana yang masih tradisional dan pemahaman teknologi yang kurang. Kemudian adanya keberhasilan strategi yang digunakan dalam mengembangkan usaha di era pandemic covid-19. Strategi tersebut meliputi strategi aktif dengan cara pemanfaatan media e-commerce, melakukan promosi secara digital serta peningkatan kualitas dan pelayanan terhadap konsumen, strategi pasif dan strategi jaringan. Keberhasilan ini terlihat dari data penjualan sebelum dan sesudah diterapkannya strategi yang telah dijelaskan di atas. Dimana ada peningkatan penjualan dan perluasan pasar dari tahun 2019, 2020 dan 2021.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Usaha; Industri Kecil; Pandemic Covid-19
Subjects: Field and Plantation Crops > Industrial Crops
Business > Personal Success in Business
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lusi Susilawati
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:57
Last Modified: 18 Jul 2022 04:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53265

Actions (login required)

View Item View Item