Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Net Profit Margin pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Surya Semesta Internusa Tbk periode 2012-2021

Nuraisah, Nuraisah (2022) Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Net Profit Margin pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Surya Semesta Internusa Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan dalam dunia bisnis yang semakin pesat sehingga menciptakan persaingan antar perusahaan. Net Profit Margin merupakan salah satu alat ukur untuk melihat kinerja perusahaan yang menggambarkan kemampuan suatu perusahaan dalam mendapatkan laba bersih dari setiap penjualannya. Faktor yang mempengaruhi Net Profit Margin adalah Current Ratio dan Debt to Equity Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh Current Ratio secara persial terhadap Net Profit Margin, seberapa besarnya pengaruh Debt to Equity Ratio secara persial terhadap Net Profit Margin, dan seberapa besarnya pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity secara simultan terhadap Net Profit Margin. Digambarkan dalam Kerangka berpikir yang digunakan bahwa terdapat hubungan yang saling berpengaruh pada setiap variabelnya antara Current Ratio dan Debt to Equity Ratio Terhadap Net Profit Margin. Apabila Current Ratio mengalami peningkatan maka Net Profit Margin akan mengalami penurunan. Begitu pula dengan Debt to Equity Ratio mengalami peningkatan maka Net Profit Margin dapat mengalami penurunan, namun Net Profit Margin juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui laporan keuangan tahunan PT. Surya Semesta Internusa Tbk. Periode 2012-2021 yang berasal dari halam website resmi www.suryainternusa.com. Teknik yang digunkan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis uji asosiatif berupa regresi linier, uji korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis berupa Uji t dan Uji f. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil uji nalisis koefisien determinasi pengaruh Current Ratio secara persial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Ptofit Margin sebesar 0,0%. Sedangkan Debt to Equity Ratio secara perisal tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Peofit Margin sebesar 19,7%. Secara simultan menunjukan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan sebesar 19,8% pada PT. Surya Semesta Internusa Tbk. Periode 2012-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Net Profit Margin;
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nuraisah Nuraisah
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:32
Last Modified: 15 Jul 2022 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53284

Actions (login required)

View Item View Item