Furqoniyyah, Arifah (2022) Penerapan model action learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (551kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pendidikan abad 21 menerapkan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik yang mampu menggiring peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model Action Learning dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Action Learning. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design, yang dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa adanya kelas pembanding dengan design one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA MA Nazwa yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model Action Learning berlangsung sangat baik dengan persentase keterlaksanaan rata-rata aktivitas guru sebesar 97% dan peserta didik sebesar 96%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 10,40 dan nilai t_tabel sebesar 2,045 (t_hitung>t_tabel ) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah diterapkannya model Action Learning dengan nilai N-gain sebesar 0,71 pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Action Learning; Berpikir Kritis; Suhu dan Kalor |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Arifah Furqoniyyah |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 08:59 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 08:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53338 |
Actions (login required)
View Item |