Khairunnisa, Ririn (2022) Respon siswa terhadap penerapan multi metode pembelajaran hubungannya dengan prestasi belajar kognitif mereka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran menggunakan multi metode. Pembelajaran dengan menggunakan multi metode ini dapat memberikan respon positif terlihat dengan antusias siswa ketika mengikuti pelajaran. Akan tetapi di sisi lain, terlihat bahwa respon siswa terhadap penerapan multi metode kurang. Artinya, dalam mengikuti proses belajar mengajar, masih ada siswa yang acuh tak acuh, lesu dan tidak bergairah dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara respon siswa terhadap penerapan multi metode pembelajaram dengan prestasi belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Respon siswa terhadap penerapan multi metode pembelajaran, 2) Prestasi belajar kognitif siswa, 3) Hubungan antara respon siswa terhadap penerapan multi metode pembelajaran dengan prestasi belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN 2 Cielunyi. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di antaranya dipengaruhi oleh respon siswa terhadap penerapan multi metode. Adapun hipotesisnya yaitu semakin positif dan signifikan respon siswa terhadap penerapan multi metode maka semakin tinggi prestasi belajar kognitif mereka, semakin rendah respon siswa terhadap penerapan multi metode maka semakin rendah pula prestasi belajar kognitif mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Adapun Teknis analisis datanya yaitu: Analisis parsial, dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) realistis respon siswa terhadap penerapan multi metode berkategori tinggi yaitu 4,1 yang berada pada interval 3,50-4,50. 2) prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 78 yang berada pada interval 70-79. 3) Hubungan antara respon siswa terhadap penerapan multi metode dengan prestasi belajar kognitif siswa mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori sedang dengan korelasi 0,474. Begitupun dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Thitung sebesar 2,951 dengan derajat kebebasan 30 taraf signifikansi 5% diperoleh Ttabel sebesar 1,697 ini menandakan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel, maka (H0) ditolak dan (Ha) diterima, oleh karena itu terdapat hubungan antara respon siswa terhadap penerapan multi metode dengan prestasi belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Respon Siswa; Multi Metode; Prestasi Belajar Kognitif |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ririn Khairunnisa |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 07:38 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 08:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53355 |
Actions (login required)
View Item |