Sonia, Nissa (2022) Peran guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik : Penelitian Mixed Methods di kelas V-B SDN Saparako Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmerataan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako. Ada siswa yang mempunyai keterampilan komunikasi yang baik hingga kurang. Untuk permasalahan seperti ini tentunya peran guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik sangat dibutuhkan. Maka peran guru pada pembelajaran tematik ini sangatlah sentral dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako, 2) Peran guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako, 3) Faktor penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi oleh guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako. Dalam Penelitian ini menggunakan metode mixed methods (campuran) dengan strategi concurrent embedded (campuran tidak berimbang) yaitu strategi yang mengkombinasikan antara kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan dengan salah satu pendekatan yang diutamakan dan yang pelengkap. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi/studi dokumen. Tahap penelitian diawali dengan studi pendahuluan, kemudian proses penelitian, hingga analisis data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis yaitu teknik analisis non statistics dan analisis statistics. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil: 1) keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako tergolong cukup. Hal ini terlihat dari hasil angket yang menunjukan bahwa keterampilan komunikasi siswa tergolong ke dalam kriteria atau kategori cukup dengan persentase 57,5% dengan frekuensi sebanyak 23 responden; 2) peran guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako cukup baik, dimulai dari peran guru sebagai pengelola kelas, peran guru sebagai fasilitator dan peran guru sebagai komunikator sedangkan peran guru yang perlu dimaksimalkan kembali yaitu peran guru sebagai demonstator, peran guru sebagai mediator dan peran guru sebagai evaluator; 3) faktor penghambat yang dihadapi guru dalam menumbuhkan keterampilan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B yaitu terganggunya konsentrasi siswa, siswa telat masuk kelas, siswa bernyanyi di kelas, hambatan proses penyampaian, hambatan fisik, hambatan semantik, dan hambatan psikososial sedangkan faktor pendukung yaitu komunikasi dengan siswa, komunikasi dengan orang tua siswa, berpikir positif, keterbukaan, dukungan, dan kesetaraan berkomunikasi dengan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru; Keterampilan Komunikasi Siswa; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nissa Sonia |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 08:04 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 08:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53405 |
Actions (login required)
View Item |