Sari, Ningrum (2022) Terapi Muhasabah untuk meningkatkan regulasi diri : Penelitian pada remaja di Pondok Tahfizh Generasi Rabbani Qur'ani Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (624kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
Abstract
Dinamika regulasi diri sangatlah kompleks dan menyeluruh memperhatikan setiap aspek kognitif, afektif , sosial serta spiritual. Dengan hal itu salah satu upaya yang dilakukan Pondok Tahfizh GRQ Cileunyi untuk meningkatkan regulasi diri remaja penghafal Al-Qur’an yaitu dengan terapi muhasabah yang dilaksanakan melalui serangkaian aktivitas kegiatan di Pondok sehingga terjadi perubahan terhadap perilakunya yang dilakukan secara sadar dan merupakan hasil dari perenungan atau introspeksi diri. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kondisi regulasi diri remaja penghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfizh GRQ Cileunyi, proses pelaksanaan terapi muhasabah untuk meningkatkan regulasi diri remaja penghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfizh GRQ Cileunyi, hasil terapi muhasabah untuk meningkatkan regulasi diri remaja penghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfizh GRQ Cileunyi. Regulasi diri remaja penghafal Al-Qur’an adalah cara remaja dalam mengatur dirinya agar tercipta keseimbangan pada setiap perannya dan berhasil mencapai target yang diinginkan dalam menghafal Al-Qur’an. Terapi muhasabah adalah salah satu metode di dalam teknik konseling sufistik, melalui muhasabah diri individu berupaya untuk merenungkan serta melakukan perhitungan diri sebelum hari akhir. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa remaja penghafal Al-Qur’an memiliki kondisi dinamika regulasi diri yang efektif terlihat pada menghadapi hambatan namun tidak jarang motivasinya menurun, merasakan futur (rasa malas), insecure (rasa tidak aman). Dengan menjalankan terapi muhasabah melalui serangkaian aktivitas yang ada di Pondok Tahfizh GRQ Cileunyi yang didasarkan pada enam tahapan menurut Al-Ghazali (musyarathah, muraqabah, muhasabah, mu’aqabah, mujahadah dan mu’atabah) terlihat dari perubahan perilaku ke arah yang lebih baik dalam aspek regulasi diri. Dalam pelaksanaannya belum tertata dengan baik, namun masih berfokus pada pencapaian tujuan yaitu tasmi’ 30 juz. Dengan demikian dapat disimpulkan terapi muhasabah ini mampu meningkatkan regulasi diri remaja penghafal Al-Qur’an menjadi lebih efektif meskipun belum tertata secara tertulis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penghafal Al-Qur'an; Regulasi Diri; Terapi Muhasabah |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty Applied Psychology > Counseling and Interviewing Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ningrum Sari |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 04:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 04:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53464 |
Actions (login required)
View Item |