Peran Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) dalam meningkatkan kesejahetraan masyarakat : Studi penelitian pengelolaan Adhiim Fried Chicken di Desa Karang Satria Tambun Utara Kabupaten Bekasi

Syaifudin, Roy (2022) Peran Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) dalam meningkatkan kesejahetraan masyarakat : Studi penelitian pengelolaan Adhiim Fried Chicken di Desa Karang Satria Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Dajti Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy

Abstract

Ketimpangan sosial ekonomi merupakan masalah yang paling pelik, karena ekonomi sendiri merupakan faktor utama kesejahteraan masyarakat. Permasalahan kesejahteraan masyarakat ialah permasalahan ekonomi, permasalahan ini telah lama dan belum sepenuhnya teratasi oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia, pertumbuhan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) sangatlah pesat dan ini salah satu cara masyarakat indonesia agar dapat mengurangi permasalahan yang ada, dan masyarakat mengunakan UKM agar dapat memiliki penghasilan dan membuat lapangan pekerjaan sendiri.Tujuan penelitian ini membahas terkait dengan problematika perekonomian yang dirasakan oleh masyarakat lapisan bawah yang kemudian melakukan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) secara mandiri, dan hal tersebut di negara Indonesia menjadi fenomena yang memiliki indikator pertumbuhan dengan pesat. Penelitian ini di dukung dan mengutip beberapa teori terkait dengan “peran” yang di sampaikan oleh Bruce J. Cohen pada tahun 1992. Menurutnya Peran merupakan salah suatu perilaku yang diharapkan oleh orang lain dari seseorang yang menduduki status tertentu. Metode penelitian kualitatif ini berlandaskan pada filsafat postpositivisme/interpresif, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisa data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis dalam penelitian ini menggunakan alur analisis, pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan dalam rangka mewujudkan pelaksanaan Keluarga Sejahtera (KS), UKM Adhiim Fried Chiken dan PKK Desa Karang Satria membentuk suatu kelompok UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera). Dengan semangat dan kekompakan yang kuat, UPPKS ikut serta mewujudkan kegiatan ekonomi produktif guna menunjang atau meringankan kebutuhan rumah tangga dengan tujuan ingin mengembangkan kualitas yang bercirikan kemandirian ketahanan keluarga yang handal, sehingga terwujud keserasian antara sesama masyarakat, dan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sosial Ekonomi; UKM; Peran
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Roy Syaifudin
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:54
Last Modified: 18 Jul 2022 09:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53489

Actions (login required)

View Item View Item