Strategi penyebaran berita Covid-19 pada media online : Studi deskriptif pada radar Cianjur.com edisi bulan April - Juli 2021

Setiawan, Tiara Maulia (2022) Strategi penyebaran berita Covid-19 pada media online : Studi deskriptif pada radar Cianjur.com edisi bulan April - Juli 2021. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya Covid-19 pada tahun 2019 di Negara Cina Kota Wuhan menjadi salah satu peristiwa untuk seluruh dunia dan menjadi lebih waspada untuk melakukan kegiatan hal apapun, hingga banyak berita tentang kasus Covid-19 dari media cetak dan media online. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pekerjaan jurnalis (wartawan, editor, koordinator lapangan, pemimpin redaksi dan saat bekerja di lapangan saat sebelum dan setelah Covid-19), langkah-langkah media (berita dibentuk dan bentuk pendelegasi tugas), organisasi media (wartawan bersikap dan peristiwa di sajikan kedalam berita), menemukan sumber-sumber informasi (sumber data, sumber penghasilan media dan pihak eksternal (pemerintahan) dan ideologi media (kekuasaan dan ideologi dan media dan kontrol sosial). Penelitian ini menggunakan teori hirarki pengaruh isi media yang mempunyai 5 tingkatan yaitu: tingkat individual (jurnalis), tingkat rutinitas media, tingkat organisasi media, tingkat ekstramedia dan tingkat ideologi media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. paradigma yang digunakan adalah kontruktivis. teknik pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pekerjaan jurnalistik mencari informasi, menulis berita, mengedit tulisan berita, publikasikan ke media online dan wartawan radar cianjur pun mengakui jika ada perubahan di saat covid-19 dan sesudah covid-19, langkah-langkah rutinitas media mencari informasi kepada narasumber seperti satgas dan dinkes, menulis berita, mengedit tulisan berita, publikasikan ke media online dan pemimpin radar cianjur membagikan tugas kepada karyawan radar cianjur dengan baik, organisasi media wartawan harus bersikap dengan jujur atas memberikan informasi kepada masyarakat tidak adanya pemaksaan dari pihak manapun, menemukan sumber-sumber informasi menacari data kepada narasumber, menulis, edit dan publikasikan ke media online, untuk mengontrol sebuah pemerintahan dalam penyebaran berita, media itu mempunyai posisi sebagai memberikan informasi kepada masyarakat dan ideologi media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Berita; Covid-19; Media Online dan Radar Cianjur
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Tiara Maulia Setiawan
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:15
Last Modified: 19 Jul 2022 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53508

Actions (login required)

View Item View Item