Tanggapan siswa terhadap penerapan program pembiasaan hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi

Tiyas, Ayuning (2022) Tanggapan siswa terhadap penerapan program pembiasaan hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi dari Guru PAI bahwa penerapan program pembiasaan mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa. Hal tersebut ditandai dengan aktifnya siswa dalam mengikuti program pembiasaan dengan baik. Namun di sisi lain kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an masih rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan program pembiasaan, Realitas kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap penerapan program pembiasaan hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an. Tanggapan siswa terhadap penerapan program pembiasaan dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an. Tanggapan akan menimbulkan respon siswa untuk mengikuti program pembiasaan sebelum pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi tanggapan siswa terhadap penerapan program pembiasaan hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan program pembiasaan termasuk kedalam kategori sangat positif. nilai rata-rata sebesar 4,45. Angka tersebut berada pada interval 4,20 – 5,00 yang berarti mempunyai kategori sangat positif. 2) Realitas kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an termasuk kedalam kategori cukup. Nilai rata-rata yang diambil yaitu sebesar 66,0. Angka tersebut berada pada interval 60 – 69 yang berarti mempunyai kategori cukup. 3) Realitas Hubungan tanggapan siswa terhadap penerapan program pembiasaan (Variabel X) dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an (Variabel Y) tidak termasuk kedalam kategori korelasi positif karna Berdasarkan uji normalitas data tidak berdistribusi normal. Pengaruh variable X terhadap variable Y sebesar 0,01% dan sisanya 99,99% dipengaruhi oleh factor lain. Berdasarkan perhitungan yang terlampir terlihat t_hitung (-0,01) < t_tabel (0,279) maka H_a ditolak dan H_0 diterima. Artinya dengan taraf signifikansi 5% tidak terdapat korelasi signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan program pembiasaan (variabel X) dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an (variabel Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan ; Pembiasaan ; kemampuan
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayuning Tiyas
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:50
Last Modified: 21 Jul 2022 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53566

Actions (login required)

View Item View Item