Media pembelajaran berbasis android menggunakan mit app inventor untuk mencapai hasil belajar kognitif pada materi vertebrata

Ulfianingsih, Natsa (2022) Media pembelajaran berbasis android menggunakan mit app inventor untuk mencapai hasil belajar kognitif pada materi vertebrata. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi vertebrata yang bertujuan untuk mencapai hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan 3d (Define, Design, Develop). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MIPA 2 SMA PGRI 3 Bandung yang berjumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara, lembar validasi media dan materi, angket uji keterbacaan, lembar tes hasil belajar, dan angket kendala. Data yang diperoleh dari instrumen yang digunakan dianalisis sebagai hasil penelitian dengan instrumen lembar validasi media dan materi, angket uji keterbacaan, lembar soal hasil belajar dianalisis menggunakan analisis kuantitatif, sedangkan lembar wawancara dan angket kendala dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil uji keterbacaan media yang dilakukan oleh siswa kelas XI yaitu 87% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kelayakan media dan materi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru biologi berturut-turut yaitu 85,4% dan 86,6%, dan 83,5% dengan kategori sangat layak. Media pembelajaran berbasis android yang sudah divalidasi kemudian digunakan dalam proses pembelajaran. Dari hasil hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran menunjukkan 100% siswa mencapai nilai KKM dengan rentang skor 80 hingga 95 dengan nilai rata-rata 90 yang termasuk kategori baik. Kendala penggunaan media pembelajaran yang ditemui adalah besarnya kapasitas penyimpanan, pemahaman materi, serta ketersediaan internet dan jaringan internet yang kurang stabil. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan media pembelajaran bebasis android dapat mencapai hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; vertebrata; hasil belajar; kognitif.
Subjects: Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Animals, Zoology, Wildlifes > Zoo
Chordata, Vertebrates
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Natsa Ulfianingsih
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:49
Last Modified: 20 Jul 2022 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53577

Actions (login required)

View Item View Item