Implementasi intruksi direktur jendral bimbingan masyarakat islam nomor DJ.II/1 tahun 2015 tentang pengangkatan P3N di kantor urusan agama Dawuan Subang

Hilmi, Fajrul (2022) Implementasi intruksi direktur jendral bimbingan masyarakat islam nomor DJ.II/1 tahun 2015 tentang pengangkatan P3N di kantor urusan agama Dawuan Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Pencatatan perkawinan sangat penting dalam kehidupan berumah tangga. Pada umunya kantor urusan agama bertugas untuk melayani pendaftaran nikah, talak, cerai dan rujuk maupun bimbingan agama Islam pada umumnya, menteri agama mengeluarkan keputusan Nomor 298 Tahun 2003 tentang penunjukan pemuda agama di setiap desa untuk melakukan pembinaan kehidupan agama yang disebut Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N). Setelah turunnya surat edaran kementrian agama no kw.06.02/1/kp.01.2/160/2015 tentang pelaksanaan Instruksi Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/I Tahun 2015 Tentang pengangkatan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) maka tugas Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) dihapuskan dan menyerahkan sepenuhnya urusan pernikahan menjadi tanggung jawab penuh KUA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Instruksi Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/I Tahun 2015 Tentang pengangkatan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N), faktor pendukung dan faktor penghambat serta Bagaimana kedudukan dan peran Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) pasca Intruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.II/1 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah Di KUA Kecamatan Dawuan Kab. Subang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yurudis normatif yaitu suatu penelitian yang secara deduktif dimulai analisa terhadap pasal-pasal dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur pembantu tentang Pegawai Pencatat Nikah (P3N). Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara terhadap narasumber dan studi kepustakaan, sedangkan analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data sekunder, melakukan perbandingan dan mencari hubungan dengan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwasannya Implementasi Instruksi Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/I Tahun 2015 Tentang Pengangkatan P3N di KUA Dawuan secara aturan dilaksanakan, tetapi secara fungsi tidak dilaksanakan. Adapun faktor pendukung terlaksanannya Instruksi Dirjen Bimas Islam tersebut adalah adanya surat edaran dari kementrian agama No.kw.06.02/1/kp.01.2/160/2015 tentang pelaksanaan Instruksi Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/I Tahun 2015 Tentang pengangkatan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N). Sedangkan faktor penghabat terlaksanannya Instruksi Dirjen Bimas Islam tersebeut adalah ada sebagian lokasi yang jauh ke KUA, kurangnya informasi mengenai dihapuskannya Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N), sudah menjadi adat kebiasaan Masyarakat yang sudah turun temurun. Peran dan kedudukan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) pasca Instruksi Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/I Tahun 2015 Tentang Pengangkatan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) KUA Dawuan mengalih fungsikan jasa meraka sebagai perangkat KUA atau perangkat desa atau biasa disebut amil sesuai dengan kemampuan lain yang dimiliki pegawai P3N tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kantor Urusan Agama; Pembantu Pegawai Pencatat Nikah
Subjects: Private Law
Private Law > Domestic Relations, Family Law, Marriage
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Fajrul Hilmi
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:28
Last Modified: 21 Jul 2022 06:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53710

Actions (login required)

View Item View Item