Nilai religius terhadap pembentukan keluarga sakinah : Studi kasus sikap dan keteladanan dalam membentuk keluarga Samawa di Lingkungan KUA Purbaratu Kota Tasikmalaya

Salsabila, Salsabila (2022) Nilai religius terhadap pembentukan keluarga sakinah : Studi kasus sikap dan keteladanan dalam membentuk keluarga Samawa di Lingkungan KUA Purbaratu Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Snan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy

Abstract

Membangun keluarga bukanlah perkara mudah apalagi ketika terdapat tujuan dan keinginan untuk menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah jauh lebih sulit. Untuk membangun hal tersebut, setiap pasangan harus saling membina dan membimbing demi kokohnya keluarga serta mewujudkan nilai-nilai keharmonisan sejati rumah tangga. Pondasi utama untuk itu adalah dengan mewujudkan nilai-nilai religius. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui adaya korelasi antara pemahaman nilai-nilai tasawuf (akhlak) dalam membentuk keluarga SAMAWA, dan bagaimana efektivitas dan efesiensi proses internalisasi nilai-nilai religius (melalui SUSCATIN) di KUA Kecamatan Purbaratu 2018-2020. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa :1) penerapan nilai-nilai tasawuf (akhlak) cukup efektif melalui program SUSCATIN, dalam mewujudkan keluarga SAMAWA. 2) program SUSCATIN berfungsi sebagai model proses internalisasi nilai-nilai religius yang cukup efektif terhadap pembentukan keluarga sakinah. Hal ini dapat diketahui dari data yang didapat bahwa angka perceraian setahun sebelum rentang periode 2018-2020 berakhir terdapat penurunan angka perceraian pada kisaran 21, 96% di KUA Purbaratu, artinya angka perceraian cukup rendah. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pengumpulan data primer dan sekunder observasi serta wawancara mendalam, dengan data pendukung, dibuktikan oleh foto dokumentasi melalui teknik analisis penelitian terdiri dari reduksi data, penyajian, dan verifikasi (kesimpulan). Kesimpulan atas penelitian ini ialah keluarga yang tangguh untuk menghadapi era modern, globalisasi, dan kontemporer tidak lain adalah melaksanakan tasawuf berupa ketakwaan, keikhlasan, keteladanan, kesederhanaan, bijaksana, selalu bersyukur, berikhtiar, dan muhasabah. Mengingat tentang program kursus calon pengantin ini, masih perlu peningkatan baik sarana, prasarana,beserta anggaran yang memadai,juga untuk penelitian selanjutnya dapat mendalami dan memperkuat bahasan terkait nilai religius ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai religius; keluarga sakinah
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Salsabila Salsabila
Date Deposited: 28 Jul 2022 00:48
Last Modified: 28 Jul 2022 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53816

Actions (login required)

View Item View Item