Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Nusantara Infrastructure, Tbk periode 2011-2021

Pratiwi, Harpini Endang (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Nusantara Infrastructure, Tbk periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Modal merupakan salah satu hal yang esensial dalam roda pergerakan sebuah bisnis. Salah satu fasilitas yang menunjang suatu perusahaan untuk mendapatkan modal adalah pasar modal, dimana agar memperoleh kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya perusahaan perlu untuk menjaga kinerja keuangannya yang dapat dilihat dalam laporan keuangan. Salah satu faktor yang dilihat investor dalam pengambilan keputusan investasi di laporan keuangan adalah rasio profitabilitas yang di proksikan dengan Net Profit Margin serta rasio keuangan lain yang menjadi variabel kontrolnya seperti rasio likuiditas yang diproksikan Current Ratio dan rasio solvabilitas yang diproksikan Debt to Equity Ratio. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin; menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin; dan menganalisis pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio secara simultan terhadap Net Profit Margin pada PT. Nusantara Infrastructure, Tbk. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Net Profit Margin, karena jika masing-masing variabel mengalami kenaikan maka Net Profit Margin akan mengalami penurunan, begitu pun sebaliknya, jika masing-masing variabel mengalami penurunan maka Net Profit Margin akan mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari annual report PT. Nusantara Infrastructure, Tbk periode 2011-2021. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan uji asumsi klasik, analisis deskriptif serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows Version 28.0 dan Microsoft Excel 2019 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin, hal ini ditujukan dengan nilai t_(hitung )sebesar 1,117 dan koefisien determinasi sebesar 12,2%. Secara parsial Debt to Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin yang ditunjukan dengan nilai t_(hitung )sebesar -2,265 dan koefisien determinasi sebesar 36,36%. Kemudian secara simultan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin yang ditunjukan oleh nilai f_hitung sebesar 2,499 dan koefisien determinasi sebesar 38,44% pada PT. Nusantara Infrastructure, Tbk periode 2011-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Net Profit
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Harpini Endang Pratiwi
Date Deposited: 25 Jul 2022 05:46
Last Modified: 25 Jul 2022 05:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53857

Actions (login required)

View Item View Item