Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi PT.Indosat Tbk. periode 2011-2021

Achdiyat, Irfan (2022) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi PT.Indosat Tbk. periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu analisis fundamental yang sering digunakan dalam analisis saham adalah Price Earning Ratio karena Price Earning Ratio merupakan perbandingan antara harga pasar per lembar saham dengan laba per lembar saham. Besaran Price Earning Ratio dipengaruhi oleh rasio solvabilitas dan profitabilitas. Peneliti menggunakan variabel Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Net Profit Margin secara parsial terhadap Price Earning Ratio (2) mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Debt to equity Ratio secara parsial terhadap Price Earning Ratio (3) mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio secara simultan terhadap Price Earning Ratio pada PT. Indosat Tbk Periode 2011- 2021. Kerangka pemikiran menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio dan Price Earning Ratio. Dimana Net Profit Margin mempengaruhi Price Earning Ratio begitupun dengan Debt to Equity Ratio yang mempengaruhi Price Earning Ratio . Price Earning Ratio tidak hanya dipengaruhi oleh variabel Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio saja, melainkan terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi Price Earning Ratio yang tidak teliti dalam penelitian ini perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT.Indosat Tbk periode 2011-2021. Adapun analisis data yang digunakan dengan analisis asumsi klasik, dan metode deskriptif. Analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis (uji t, uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows V.25 Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan antara Debt to Equity Ratio terhadap Price Earning Ratio Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t, yang menghasilkan nilai signifikansi 0,069 > 0,05 (2) secara parsial menyatakan Debt to Equity Ratio terbukti tidak berpengaruh terhadap terhadap Price Earning Ratio Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,074 > 0,05, dan hasil t hitung < t tabel (1,153 < 2,262) (3) secara simultan menyatakan Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio terbukti tidak berpengaruh terhadap Price Earning Ratio, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: NPM; DER; PER; Indosat;
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Irfan Achdiyat
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:31
Last Modified: 22 Jul 2022 07:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53860

Actions (login required)

View Item View Item