Adaptasi sosial sistem pembelajaran tatap muka terbatas pada tingkat SMA di masa pandemi covid-19: Penelitian tentang perilaku siswa dalam PTM terbatas di SMA Negeri 1 Batujaya, kecamatan Batujaya, kabupaten Karawang

Saputra, Erik (2022) Adaptasi sosial sistem pembelajaran tatap muka terbatas pada tingkat SMA di masa pandemi covid-19: Penelitian tentang perilaku siswa dalam PTM terbatas di SMA Negeri 1 Batujaya, kecamatan Batujaya, kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan sistem sosial yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 mengalami berbagai macam tantangan terlebih lagi warga sekolah harus beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan sistem sosial yang ada namun masih banyak yang tidak mengikuti aturan seperti pada pola interaksi sosial yang tidak menjaga jarak dan masih banyaknya pro maupun kontra pada masyarakat terhadap sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) proses sosialisasi kebijakan sistem pembelajaran yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batujaya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang dimasa Pandemi Covid-19. 2) kegiatan dan interaksi sosial para siswa yang ada di SMA Negeri 1 Batujaya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang dengan adanya Sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Penelitian ini menggunakan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons yang membaginya kedalam empat imperatif yaitu Adaptasi (Adaptation), Penyesuain Tujuan (Goals), Integrasi (Integration) dan Latensi atau Pemeliharaan Pola (Latency). Berdasarkan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons peneliti merelevansikan serta mengkorelasikan dengan fenomena yang ada di SMAN 1 Batujaya yaitu perilaku siswa dalam melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) melalui empat imperatif yang digagas oleh Talcott Parsons. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Observasi, Wawancara Kepada warga sekolah SMAN 1 Batujaya dan Studi Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Lokasi penelitian yaitu di SMAN 1 Batujaya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa pertama, bentuk adaptasi yang dilakukan oleh SMAN 1 Batujaya melalui tahap sosialisasi atau penanaman nilai serta norma baru. Kedua, tujuan diterapkannya sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) yaitu untuk menjamin hak setiap individu untuk mendapatkan pendidikan. Ketiga, warga sekolah memiliki solidaritas yang tinggi karena masih tergolong masyarakat homogen. Keempat, Pemeliharaan pola yang terjadi pada warga sekolah mengalami beberapa tantangan karena sulitnya untuk membiasakan diri dan ada beberapa faktor pendukung maupun penghambat dari adanya sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi Sosial; Pembelajaran Tatap Muka Terbatas; Perilaku Siswa
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Erik Saputra
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:12
Last Modified: 25 Jul 2022 06:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53913

Actions (login required)

View Item View Item