Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT Unilever Indonesia periode 2012-2022

Rahayu, Shifa (2022) Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT Unilever Indonesia periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk adalah perusahaan yang memproduksi kebutuhan pokok khususnya kosmetik dan product keperluan rumah tangga (cosmetic and houshold). Suatu perusahaan selalu membutuhkan kas untuk biaya operasional perusahaan tersebut. Sama halnya dengan piutang dan laba bersih yang berpengaruh terhadap keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh Perputaran Kas secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), apakah ada Pengaruh Perputaran Piutang terhadap Net Profit Margin (NPM), dan apakah ada pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Net Profit Margin (NPM). Kerangka berfikir dalam penelitian ini adalah semakin besar tingkat perputaran kas dan perputaran piutang akan berpengaruh terhadap laba dalam perusahaan yang dapat dilihat melalui Net Profit Margin (NPM). namun sebaliknya jika hasil perputaran kas dan perputaran piutang semakin rendah kemungkinan akan rendah pula Net Profit Margin (NPM) di suatu perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan PT Unilever Indonesia Tbk periode 2012-2021. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa analisis yaitu uji asumsi klasik, analisis desriptif, analisis uji asosiatif berupa regresi linier, uji korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis berupa uji t dan uji f. Secara parsial hasil penelitian ini menunjukan bahwa perputaran kas tidak berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) diperoleh t hitung sebesar 0,533 < 2,306 dengan tingkat signifikan 0,609. Perputaran Piutang tidak berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) dengan memperoleh uji t hitung yaitu 0,373 < 2,306 dengan nilai signifikan sebesar 0,719. Hasil penelitian secara simultan perputaran kas dan perputaran piutang tidak berpengaruh signifikan antara Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Net Profit Margin (NPM) diperoleh dari hasil Fhitung < Ftabel yaitu 0,184 < 4,47 dengan nilai signifikan 0,836.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perputaran kas; Perputaran piutang; Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Research Methods of Economic
Econmics > Systems, School and Theories of Economic
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Shifa Rahayu
Date Deposited: 25 Jul 2022 00:38
Last Modified: 25 Jul 2022 00:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53915

Actions (login required)

View Item View Item