Binatang dalam Alquran: Kajian Tafsir Maudhu'i

Syahputra, Fahmy Aziz (2022) Binatang dalam Alquran: Kajian Tafsir Maudhu'i. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Alquran merupakan kitab suci yang membahas berbagai tema di dalamnya, salah satu tema yang ada dalam Alquran adalah tema mengenai binatang. Di antara nama-nama surat dalam Alquran ada yang menggunakan nama binatang. Di dalam Alquran juga disebutkan berbagai kisah tentang binatang, manfaath binatang bagi kelangsungan hidup umat manusia. Selain itu, nama binatang kerap kali digunakan untuk sumpah, mu’jizat, perumpamaan, adzab dan lain-lain. Dengan disebutkannya binatang tentu ada pelajarang yang bisa kita ambil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nama-nama binatang dalam Alquran. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan studi pustaka atau library research dengan menelaah semua sumber data baik data primer maupun data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan kajian studi naskah menggunakan metode tematik (Maudhu’i). Hasil dari penelitian terhadap tema yang dibahas ditemukan bebrapa nama binatang yang disebutkan dalam Alquran, yaitu: singa, keledai, ikan, gajah, bighal, kuda, binatang ternak, anjing, kambing, unta, burung, sapi, salwa, ababil, gagak, hudhud, kutu, belalang, rayap, katak, semut, lebah, laba-laba, serigala, ular, kera, babi, lalat dan nyamuk. Disebutkan juga dalam Alquran mengenai manfaat yang bisa didapat dari binatang yaitu: binatang yang dihalalkan dan dapat dijadika sumber makanan dan minuman, dapat dijadikan bahan pakaian dan perhiasan, bisa dijadikan alat transportasi, dan ada pula yang bisa dijadikan alat rumah tangga. Dari penyebutan binatang dalam Alquran ada beberapa pelajaran yang bisa diambil yaitu banyaknya penemuan yang terinspirasi dari binatang, lahirnya disiplin ilmu yang membahas mengenai binatang secara spesifik, belajar tentang hal-hal baik dan berguna walaupun kepada binatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Binatang; Maudhu’i; Kualitatif; Kumpulan ayat; Ibrah;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fahmy Aziz Syahputra
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:25
Last Modified: 25 Jul 2022 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53993

Actions (login required)

View Item View Item